Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Bersebelahan dengan Bangkalan, Ribuan Warga Sampang Divaksin

Bersebelahan dengan Bangkalan, Ribuan Warga Sampang Divaksin
Forkopimda Jatim meninjau vaksinasi di Kabupaten Sampang, Madura. (Foto: Polda Jatim)
Forkopimda Jatim meninjau vaksinasi di Kabupaten Sampang, Madura. (Foto: Polda Jatim)

Sampang, NU Online Jatim

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur melakukan vaksinasi terhadap ribuan warga Kabupaten Sampang, Madura, mengantisipasi penularan Covid-19. Hal itu dilakukan karena Sampang merupakan daerah yang bertetangga secara langsung dengan Kabupaten Bangkalan, daerah yang kini jumlah kasus aktif Covid-19nya meningkat.

 

Vaksinasi di Sampang itu dilaksanakan di pendopo, alun-alun, dan halaman asrama Komando Distrik Militer 0828 pada Rabu (16/06/2021). Proses vaksinasi ditinjau langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, dan lainnya.

 

Para pejabat itu meninjau langsung untuk memastikan vaksinasi berjalan lancar dan baik. Vaksinasi ditargetkan 1.400 peserta, yang dilaksanakan oleh 20 tim vaksinator, terdiri dari dari 13 tim Dinas Kesehatan, empat tim TNI dan tiga tim Polri.

 

"Jadi kami tadi malam juga melakukan koordinasi dengan seluruh bupati /walikota dan tim Kapolres serta Kodim se-Jawa Timur, salah satu yang kita harapkan bisa mewujudkan kekebalan komunitas dengan melakukan vaksinasi," ujar Khofifah.

 

Oleh karena itu, lanjut Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu, daerah-daerah yang proses pelaksanaan vaksinasinya harus didorong, saya mohon seluruh elemen strategis di Kabupaten Sampang, bersama masyarakat Sampang, terus melakukan ikhtiar memaksimalkan vaksinasi di Kabupaten Sampang.

 

"Oleh karena itu, cara untuk bisa melakukan kekebalan berbasis komunitas herd immunity adalah memaksimalkan vaksinasi, dan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat," papar Khofifah.

 

Ia meminta semua masyarakat saling mengingatkan bahwa penggunaan masker adalah cara yang efektif untuk bisa menjaga diri masing-masing dan lingkungan supaya aman dari kemungkinan terpapar Covid-19.

 

"Kalau sama-sama kita menggunakan masker yang aman, maka itu cara yang paling aman bagi kita semua, untuk menjaga diri kita dan lingkungan kita," tandas Khofifah.

 

Editor: Nur Faishal

Bank Jatim (31/7)