• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Besok, ISNU Jatim Bakal Laksanakan Vaksinasi Ribuan Santri Lirboyo

Besok, ISNU Jatim Bakal Laksanakan Vaksinasi Ribuan Santri Lirboyo
Pengurus PW ISNU Jatim saat koordinasi vaksinasi di Ponpes Lirboyo Kediri. (Foto: Istimewa).
Pengurus PW ISNU Jatim saat koordinasi vaksinasi di Ponpes Lirboyo Kediri. (Foto: Istimewa).

Surabaya, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur akan melaksanakan vaksinasi tahap pertama di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kota Kediri pada Rabu-Kamis (25-26/08/2021). Vaksinasi dengan sasaran 5000 santri dan pelajar ini sebagai bentuk upaya ISNU Jatim untuk mendukung percepatan herd immunity.

 

Untuk upaya tersebut ISNU Jatim menggandeng Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (ARSINU), Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) dan RSI UNISMA.

 

"Kita ISNU tak hanya harus pinter, namun harus bener. Tak hanya harus bener tapi juga harus pener (akurat)," kata Ketua ISNu Jatim, H M Mas'ud Said.

 

Ia mengatakan bahwa kolaborasi besar ini merupakan salah satu bentuk pengabdian ISNU kepada masyarakat. Selanjutnya, sasaran vaksinasi tidak hanya kalangan santri di Lirboyo melainkan masyarakat umum di kabupaten dan kota yang lain.

 

Menurut Mas'ud, ISNU yang beranggotakan para sarjana dan profesional memiliki banyak sumber daya manusia yang bisa menyukseskan program vaksinasi menuju Jatim herd immunity. Meski demikian, ia berinisiatif untuk menggandeng pihak-pihak lain agar program tersebut berjalan secara massif dan tepat sasaran.

 

Sementara itu, Ketua ARSINU, dr H Zulfikar As’ad mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh upaya yang dilakukan ISNU dalam percepatan vaksinasi. Beberapa rumah sakit NU di Jawa Timur sudah disiapkan tenaganya untuk menjadi tim vaksinator.

 

“Kita punya beberapa rumah sakit yang siap kapan pun dibutuhkan tenaganya untuk mendukung program ini. Nantinya rumah sakit yang terdekat yang akan dikerahkan sumber dayanya agar program ini berjalan sukses,” ungkapnya.

 

Selain melibatkan ARSINU, PDNU, LKNU dan RSI UNISMA, program vaksinasi massal yang dilakukan ISNU Jatim juga didukung beberapa perguruan tinggi di Kediri. Di antaranya IIK STRADA Kediri, Akper Dharma Husada Kediri dan Universitas Kadiri.

 

 

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong terus dilakukannya kegiatan vaksinasi massal untuk percepatan menuju herd immunity.


Editor:

Metropolis Terbaru