Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Bina Desa Nusantara, Zakat Produktif Berdayakan Ekonomi Nahdliyin

Bina Desa Nusantara, Zakat Produktif Berdayakan Ekonomi Nahdliyin
Penyerahan bantuan kambing oleh PW NU Care-LAZISNU Jatim kepada Nahdliyin di Ponorogo. (Foto: NOJ/Zen M)
Penyerahan bantuan kambing oleh PW NU Care-LAZISNU Jatim kepada Nahdliyin di Ponorogo. (Foto: NOJ/Zen M)

Ponorogo, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur meluncurkan program Bina Desa Nusantara. Kali ini dipusatkan di Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Sabtu (03/04/2021).

 

Keberadaan program yang bertujuan memberdayakan umat tersebut diwujudkan dengan penyerahan sejumlah kambing kepada Nahdiyin atau warga NU.

Bertempat di Masjid Darul Hikmah, Mrican, ada enam kambing betina yang diserahkan. Kambing ini nantinya akan diternak warga yang menerima.

Rofi'i Boenawi mengatakan tujuan awal dari program Bina Desa Nusantara adalah memberdayakan masyarakat desa. Di wilayah, pihaknya memiliki Rp300 juta yang disalurkan dalam sejumlah program ke 44 Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU dari berbagai kota dan kabupaten.

"Dari dana tersebut kami berpikir di Jawa Timur, untuk apa uang Rp300 juta ini? Akhirnya muncul ide yang namanya zakat produktif," kata Sekrertaris PW NU Care-LAZISNU Jatim tersebut.


Manager Program NU Care-LAZISNU Jawa Timur, Muhammad Taufiqur Rozikin menjelaskan program tersebut dilaksanakan di 38 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur atau 44 PC NU Care-LAZISNU. Kemudian penyerahannya dilaksanakan sesuai kebutuhan dalam program pemberdayaan umat.

"Penentuan lokasi, mustahik atau penerima zakat, jenis zakat yang diberikan. Ini sepenuhnya kita serahkan kepada LAZISNU setempat," paparnya.

Namun demikian, lanjutnya bahwa NU Care-LAZISNU Jatim memastikan dalam penyerahan berdasarkan 8 asnaf penerima zakat.

"Itu yang kita gunakan adalah dana zakat," tegasnya.

Sumarlin menyampaikan terima kasihnya kepada pihak NU Care-LAZISNU Jawa Timur yang sudah datang untuk membantu Nahdiyin yang ada di Ponorogo.

"Kemudian terkait program itu, kami memilih pemberdayaan melalui ternak kambing. Mudah-mudahan nantinya berkembang pesat dan memberi manfaat bagi Desa Mrican dan berkembang ke desa yang lain," harap Sekertaris NU Care-LAZISNU Kabupaten Ponorogo tersebut.

Hal senada diungkap Nasroh Wahab Sya'roni selaku Ketua NU Care-LAZISNU Desa
Mrican. Dirinya menambahkan dengan bantuan zakat produktif melalui program Bina Desa Nusantara ini Nahdiyin Mrican diharapkan mampu menjaga dan merawat dengan baik.

"Sehingga jadi manfaat bagi diri sendiri dan lebih banyak lagi ke tetangga hingga ke desa lain. Mudah-mudahan nanti ada lagi bantuan serupa ke Desa Mrican," imbuhnya.

Sementara itu, Alfariski penerima bantuan kambing dalam program Bina Desa Nusantara mengaku sangat senang menerima bantuan tersebut.

"Alhamdulillah senang, semoga barokah," pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim