Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

BMT NU Jawa Timur, Donatur Terbesar Peduli Korban Banjir NTT

BMT NU Jawa Timur, Donatur Terbesar Peduli Korban Banjir NTT
PCNU Sumba Barat. (Foto: NOJ/Humas)
PCNU Sumba Barat. (Foto: NOJ/Humas)

Sumenep, NU Online Jatim

Bencana alam banjir bandang dan angin kencang melanda sejumlah daerah di Nusa Tenggara Timur, BNPB mencatat, terdapat 10 kabupaten/kota terdampak banjir dan angin kencang yang terjadi sejak Ahad, 04 April 2021.


Tidak ada laporan korban jiwa atau orang dinyatakan hilang di kabupaten yang berada di ujung pulau Sumba itu. Namun demikian, peristiwa itu menyebabkan 1.803 KK atau 7.212 jiwa harus mengungsi. 
Musibah tersebut mengundang solidaritas segenap masyarakat Indonesia secara umum, tak terkecuali NU-Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumba Barat.

 

Dalam Aksi solidaritasnya, sampai hari Ahad 18 April 2021, lembaga ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 50.000.000 yang terhimpun dari perorangan maupun lembaga, tercatat dua lembaga yang menyalurkan donasinya melalui NU Care-LAZISNU Sumba Barat, yakni BMT NU Jawa Timur sebesar Rp 44.784.000  dan NU Care-LAZISNU Jawa Timur  sebesar Rp 2.000.000.

 

Dengan demikian, BMT NU Jawa Timur yang berpusat di Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, menempati posisi teratas sebagai donatur terbesar yang menyalurkan bantuannya melalui NU Care-LAZISNU Sumba Barat.


Selanjutnya, NU Care-LAZISNU Sumba Barat melakukan distribusi tahap I pada hari Selasa 20 April 2021 ke Kabupaten Sumba Timur. Pada tahap ini, bantuan berupa 1 ton beras dan dana sebesar Rp 20.000.000.
Uang sebesar Rp. 20.000.000 dipersembahkan untuk perbaikan Masjid Annur Kampung Bugis Waingapu yang terdampak angin kencang. 


Sementara itu, bantuan 1 ton beras ada yang disalurkan secara langsung kepada rumah tangga terdampak dan ada yang dititipkan ke posko kelurahan dan sekretariat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumba Timur.

 

“Terima kasih atas kepercayaan seluruh donatur kepada NU Care-LAZISNU Sumba Barat guna menyalurkan bantuannya kepada korban banjir NTT, terutama BMT NU sebagai donatur tebesar pada periode penggalangan April 2021,” ungkap H Hamdi Mulyo, Ketua NU Care-LAZISNU​​​​​​​ Sumba Barat.


Dalam kesempatan serah terima bantuan beras tersebut, Lurah Lambanapu mengungkapkan rasa terima kasihnya secara mendalam yang diiringi rasa haru atas solidaritas NU Sumba Barat yang lintas batas tanpa membedakan agama.

F1 Promosi Iklan