Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cara Fatayat NU Tulungagung Sambut Ramadlan dengan Suka Cita

Cara Fatayat NU Tulungagung Sambut Ramadlan dengan Suka Cita
Ziarah dalam rangka menyambut Ramadlan oleh PC Fatayat NU Tulungagung. (Foto: NOJ/PH)
Ziarah dalam rangka menyambut Ramadlan oleh PC Fatayat NU Tulungagung. (Foto: NOJ/PH)

Tulungagung, NU Online Jatim

Megengan sudah menjadi budaya warga Nahdlatul Ulama (NU) menjelang Ramadlan. Dalam rangka melestarikan budaya yang memiliki banyak manfaat tersebut, Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU menggelar megengan bersama pada Ahad (11/04/2021).

 

"Megengan itu merupakan salah satu cara menyambut kedatangan bulan suci Ramadlan dengan suka cita. Dimulai dengan doa bersama untuk leluhur dan diakhiri dengan makan berkat bersama," kata Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung Siti Kusnul Kotimah, Senin (12/04/2021).

 

Megengan yang dilaksanakan di balai pemakaman ulama Kabupaten Tulungagung, Sunan Kuning atau biasa disebut dengan Macanbang tersebut, diikuti oleh jajaran pengurus PC Fatayat NU Kabupaten  Tulungagung dengan menerapkan protokol kesehatan dan dipimpin oleh Asnawati sebagai sekretaris organisasi masyarakat yang fokus memberdayakan perempuan tersebut.

 

"Selain megengan, kami juga menyambut kedatangan Ramadlan dengan ziarah ke makam para ulama dan umara di Kabupaten Tulungagung," ujar Kusnul.

 

Menurutnya, ziarah ke makam menjelang bulan Ramadlan juga merupakan budaya warga NU yang wajib dilestarikan. Maka dari itu, ia beserta jajaran pengurus berziarah ke makam ulama, muasis NU dan Fatayat NU, serta mantan bupati Kabupaten Tulungagung.

 

"Di setiap makam, kami gelar pembacaan Yasin dan tahlil seperti biasa serta doa untuk kebaikan semua," papar Kusnul.

 

Ia mengungkapkan, kegiatan menyambut bulan Ramadlan itu termasuk dalam rangkaian peringatan hari lahir Fatayat NU tahun ini. Ia berharap kegiatan megengan dan ziarah ulama serta umara di Kabupaten Tulungagung bisa memberikan berkah untuk seluruh kader Fatayat NU.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan