• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Metropolis

Cara MI Alkarimi Tebuwung Gresik Tarik Minat Siswa Belajar

Cara MI Alkarimi Tebuwung Gresik Tarik Minat Siswa Belajar
Siswa RAR dan MI Alkarimi Tebuwung, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/MSH)
Siswa RAR dan MI Alkarimi Tebuwung, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/MSH)

Gresik, NU Online Jatim

Terobosan harus dilakukan sebuah lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta, jika masih ingin eksis dan bisa melanjutkan program visi misinya. Strategi dalam pengenalan dan rekrutmen siswa harus disusun secara matang.

 

Hal itu diperlukan karena perkembangan zaman meniscayakan persaingan yang sangat ketat. Maka dibutuhkan pendekatan dan strategi yang jitu, di antaranya melalui sosialisasi lewat perkumpulan wali siswa, media sosial, atau melalui sebaran brosur, pamflet, spanduk, dan baliho. 

 

Seperti Yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Alkarimi Tebuwung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, pada Rabu (10/03/2021). Bekerjasama dengan TK RAM Alkarimi, sekolah itu menggelar pertemuan wali siswa akhir TK/RAM 54 Alkarimi dengan TIM inti MI Alkarimi di gedung TK/RAM Alkarimi. 

 

Ketua penerimaan siswa didik baru MI Alkarimi Miftahul karim mengatakan, salah satu cara untuk mengenalkan sebuah lembaga yakni dengan mengundang wali siswa dan siswa itu sendiri untuk diberikan pengenalan lembaga, baik visi-misi dan program lembaga sekolah. 

 

Pengenalan dengan permainan-permainan yang mendidik juga diperlukan, mengingat usia siswa yang masih anak-anak. 

 

"Secara psikologis anak itu tidak ada yang bodoh. Semua punya kelebihan potensi dan kekurangan masing masing. Tinggal kita yang memoles anak tersebut untuk dieskplorasi bakatnya dan diarahkan," kata Karim. 

.

Kepala MI Alkarimi Tebuwung Moh Syafik mengatakan, kegiatan itu bagian ikhtiar bersama dalam kebaikan saling memberikan yang terbaik di antara kedua lembaga, yakni RAR dan MI Alkarimi. 

 

"Saya berharap ke depannya tambah baik, bisa istiqamah dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, termasuk kerjasama dengan stakeholder yang lain," kata Syafik. 

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru