Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cara Unik Inaifas Kencong Jember Bagikan Bingkisan untuk Yatim

Cara Unik Inaifas Kencong Jember Bagikan Bingkisan untuk Yatim
Rektor Inaifas bersama sejumlah yatim yang menerima bingkisan. (Foto: NOJ/ISt)
Rektor Inaifas bersama sejumlah yatim yang menerima bingkisan. (Foto: NOJ/ISt)

Jember, NU Online Jatim

Bulan Ramadlan ini Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember kembali membuat terobosan. Program terbaru adalah menyediakan bingkisan lebaran bagi anak yatim.

 

Uniknya, program ini tidak semata memberikan bantuan berupa barang. Malah para yatim ini berkesempatan untuk memilih sendiri sejumlah barang di toko yang telah ditunjuk.

 

"Kami mengundang adik-adik yatim untuk datang ke kampus, kami antar menggunakan ke Pasar Kencong, dan kami bebaskan untuk memilih kebutuhan lebaran sesuai dengan selera mereka di toko yang sudah ditunjuk menjadi rekanan," kata Rijal Mumazziq Z, Rektor Inaifas, Senin (10/05/2021).

 

Menurutnya, cara seperti ini dipakai karena lebih efektif. Sebab anak bisa memilih busana secara leluasa sesuai selera. Selebihnya, belanja di pasar tradisional juga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat bawah.

 

“Sebab, Inaifas juga memiliki tiga toko rekanan yang diajak bekerja sama dalam program ini,” terangnya.

 

Menurut Zuhairuzzaman, Ketua Unit Pengumpul Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) Inaifas yang menangani teknis penyelenggaraan program ini, total ada 25 anak yang menerima program ini. Masing-masing mendapatkan jatah belanja maksimal Rp400.000,-.

 

“Mereka bebas memilih busana lebaran sesuai seleranya. Setelah berbelanja mereka juga masih mendapatkan uang saku,” terang dia.

 

Menurut Gus Zuhair, sapaan akrabnya bahwa program ini bisa terlaksana karena kerja sama dengan beberapa lembaga. Antara lain dengan Yayasan Nurul Hayat Surabaya melalui Ustadz Heri Latief, NU-Care Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur melalui Gus A Afif Amrullah dan NU-Care LAZISNU Kencong melalui Ustadz Imam Syafi'i.

 

"Terima kasih atas partisipasinya. Semoga tahun depan bisa menyelenggarakannya lebih massif lagi," harapnya.

Bank Jatim (31/7)