• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

CBP-KPP Probolinggo Bantu Bersihkan Rumah Warga Terdampak Banjir

CBP-KPP Probolinggo Bantu Bersihkan Rumah Warga Terdampak Banjir
Kader CBP-KPP Probolinggo saat membantu membersihkan rumah warga terdampak banjir, Selasa (09/03/2021). (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Kader CBP-KPP Probolinggo saat membantu membersihkan rumah warga terdampak banjir, Selasa (09/03/2021). (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Curah hujan yang tinggi dengan waktu lama membuat Sungai Kedung Galeng kembali meluap. Luapan sungai ini membanjiri Dusun Siwalan, Desa Kedung Dalem, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Senin (08/03/2021) malam.

 

Mengetahui bencana banjr ini, sebanyak 20 orang yang terdiri dari Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Kabupaten Probolinggo terjun langsung ke lokasi kejadian. Ini dilakukan guna membantu membersihkan rumah warga terdampak banjir.

 

Pembersihan dilakukan setelah air yang membanjiri rumah warga surut. "Banjir ini sudah ketiga kalinya. Dan ini yang paling parah, pagar rumah banyak yang rusak," ujar Rini (35), salah satu warga terdampak banjir kepada NU Online Jatim.

 

Menurutnya, sebelum terjadi banjir sudah ada yang memberi peringatan. "Sebenarnya, sore sudah banyak yang mengabarkan untuk waspada dan hati-hati. Karena melihat arus air di sungai sepertinya akan meluap lagi, dan akhirnya tak disangka banjir meluap lagi ke pemukiman kami," tambah Rini.

 

Tim CBP-KPP Kabupaten Probolinggo yang datang langsung fokus ke rumah warga yang terdampak cukup parah. Tim ini spontan membantu membersihkan rumah warga.

 

Selain itu Rahul, warga Desa Kedung Dalem tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada tim CBP-KPP yang sudah rela dan ikhlas membantu membersihkan rumahnya.

 

"Alhamdulillah terima kasih, nak, ya. Sudah membantu membersihkan rumah kami. Semoga segala amal baikmu, di balas langsung oleh Allah," katanya dengan mata berbinar.

 

Sementara itu, Syaiful Rizal, Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Probolinggo yang turut serta membantu di lokasi kejadian mengatakan, warga terdampak tidak hanya membutuhkan bantuan untuk membersihkan rumah. Namun juga membutuhkan sandang pangan.

 

 

"Sekarang banyak yang kita butuhkan uluran tangan dari masyarakat lainnya. Disini beberapa warga sudah di evakuasi, dan kita membutuhkan sandang pangan yang harus dipenuhi selama di lokasi pengungsian," ujarnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru