• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 24 April 2024

Tapal Kuda

Cegah Corona, Istri Bupati Pasuruan Bagikan Peralatan Makan untuk Santri

Cegah Corona, Istri Bupati Pasuruan Bagikan Peralatan Makan untuk Santri
Dengan ketersediaan alat makan sendiri, santri dapat mencegah peredaran virus Corona. (Foto: NOJ/TNs)
Dengan ketersediaan alat makan sendiri, santri dapat mencegah peredaran virus Corona. (Foto: NOJ/TNs)

Pasuruan, NU Online Jatim

Semua kalangan diharapkan turut memberikan dukungan terhadap upaya mencegah beredarnya virus Corona. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir, para korban adalah sejumlah ulama dan kiai.

 

Karenanya, Lulis Irsyad Yusuf membagikan ratusan piring, gelas, sendok, garpu, dan mangkuk higienis ke sembilan pondok pesantren. Pembagian ini dilakukan untuk mengurangi tingkat penularan virus di kalangan santri melalui tempat makan dan minum. Bantuan ini diserahkan langsung perempuan yang juga Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Pasuruan  tersebut kepada para pengasuh pesantren.

 

"Hari ini saya serahkan bantuan peralatan makan untuk santri dan santriwati di sembilan pondok pesantren. Penyerahannya dengan prokes yang ketat. Saya pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan dalam keadaan sehat," kata dia, Kamis (14/01/2021) sebagaimana diwartakan Tribun.

 

Sembilan pesantren yang mendapatkan bantuan adalah Al Latifiyah Kejeron, Nurul Barokah Podokaton, Salafiyah Kalimalang, Raudhatul Ulum Tebas di Kecamatan Gondangwetan. Ada juga Al Qodiri Areng-areng, Al Hidayah Jatigunting, Ar Riyadh Banin Wal Banat Jatigunting, Nurul Qodim Taman Sari, dan Hidayatul Mubtadiin Sudan, di Kecamatan Wonorejo..

 

Lulis Irsyad Yusuf berharap, bantuan bisa langsung dibagikan agar para santri yang belum punya sendok, piring, garpu, atau mangkuk sendiri, tidak menggunakan piring santri lain.

 

"Totalnya ada 100 buah per paketnya. Biasanya santri makan minumnya rame-rame atau bergantian. Nah ini bisa sendiri-sendiri, meski saya meyakini santri pasti banyak yang sudah memahami akan pentingnya memiliki peralatan sendiri-sendiri," terangnya.

 

Selain membagikan peralatan makan higienis, K3S Kabupaten Pasuruan juga akan membagikan 240 paket perlengkapan shalat, yakni sarung, mukena, dan sajadah. 

 

Lulis Irsyad Yusuf menjelaskan, bantuan tersebut akan diserahkan kepada para takmir masjid di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. "Bantuan perlengkapan salat ini kami berikan agar bisa dipakai secara bergantian dengan yang sudah ada," urainya.

 

Di sisi lain, dirinya juga akan membagikan bantuan tempat cuci tangan untuk TPQ (Taman Pendidikan al-Qur’an) dan panti asuhan di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru