Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cegah Corona, KKN Unusa Ajarkan Warga Produksi Hand Sanitizer Alami

Cegah Corona, KKN Unusa Ajarkan Warga Produksi Hand Sanitizer Alami
Peserta KKN Unusa mempraktikkan bagaimana membuat hand sanitizer dari bahan alami. (Foto: NOJ/Hum)
Peserta KKN Unusa mempraktikkan bagaimana membuat hand sanitizer dari bahan alami. (Foto: NOJ/Hum)

Sampang, NU Online Jatim

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membantu masyarakat Desa Banyuates, Sampang untuk membuat hand sanitizer alami dari daun sirih dan jeruk nipis.

 

Ketua Kelompok 12 KKN Unusa, Sudarmanto menjelaskan ini dilakukan untuk bekal adaptasi kebisaan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Yang dilakukan dengan membuat hand sanitizer dari bahan alami yang dapat digunakan warga lain.

 

"Kami bersama warga membuat hand sanitizer. Selain itu melakukan penyuluhan tentang bahaya Covid-19 kepada penduduk sekitar," jelas Sudarmanto, Senin (7/9/2020).

 

Sudarmanto menjelaskan memilih membuat hand sanitizer dengan bahan alami lantaran memang mudah dan bahannya tersedia.

 

"Selain itu bahan yang digunakan aman untuk kulit karena tidak mengandung bahan kimia," bebernya.

 

Selain itu, mahasiswa KKN Unusa juga mengajar mengaji di madrasah diniyah dan Taman Pendidikan al-Qur’an di Desa Banyuates, Bangkalan.

 

"Tidak hanya itu, jika ada siswa di sini kesulitan dalam belajar, maka mahasiswa KKN tidak segan untuk mengajar," ucapnya.

 

Dengan aneka kegiatan yang dilakukan, Sudarmanto menjelaskan jika warga sekitar sangat senang dengan adanya KKN dari Unusa.  

 

"Kami akan terus melakukan langkah baik untuk masyarakat sekitar," pungkas dia. (adv)


Editor:
F1 Bank Jatim