Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cegah Corona, Pesantren di Kota Mojokerto Terima Alat Cuci Tangan

Cegah Corona, Pesantren di Kota Mojokerto Terima Alat Cuci Tangan
Wali Kota Mojokerto melakukan pengecekan bantuan alat cuci tangan ke sejumlah pesantren. (Foto: NOJ/LI)
Wali Kota Mojokerto melakukan pengecekan bantuan alat cuci tangan ke sejumlah pesantren. (Foto: NOJ/LI)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pemerintah Kota Mojokerto membagikan ratusan alat cuci tangan pakai sabun untuk masjid dan pondok pesantren. Hal tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Tempat ibadah dan pondok pesantren menjadi salah satu perhatian kami dalam menjalankan tatanan normal baru. Karena menjadi tempat berkumpul warga yang berpotensi menyebarkan virus Corona,” kata Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Jumat (14/8).

Ning Ita, sapaan Wali Kota Mojokerto, bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Mojokerto berkeliling ke masjid dan pesantren. Tujuannya membagikan alat cuci tangan pakai sabun, sekaligus memastikan bantuan dari Pemerintah Kota Mojokerto sudah diterima dan digunakan dengan baik. 

Pemerintah Kota Mojokerto melalui gugus tugas sebelumnya telah membagikan ribuan masker untuk warga. Tidak hanya itu, thermogun dan flash disk yang berisi imbauan ketaatan protokol kesehatan juga sudah dibagikan kepada 116 masjid dan pondok pesantren.  

“Cara utama memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah taat protokol kesehatan. Untuk itu, sosialisasi protokol kesehatan terus menerus digencarkan,” katanya. 

Disampaikan Ning Ita, semua untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan. Pemerintah akan terus membagikan masker kepada masyarakat.

“Imbauan melalui baliho juga sudah dipasang di berbagai tempat, ditambah flash disk praktis yang juga berisi imbauan tentang mentaati protokol kesehatan," jelasnya. 

Flash disk berisi imbauan protokol kesehatan akan diputar menjelang shalat berjamaah sehingga diharapkan bisa didengar jamaah. Sehingga dengan diputarnya imbauan itu bisa menjadi sebuah pembiasaan untuk selalu taat protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun. 

 

Taufik selalu takmir Masjid Baiturahman menyatakan bantuan thermo gun dan alat cuci tangan sangat membantu jamaah dan pengurus masjid dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat ibadah. 

"Untuk itu, kami berterima kasih dengan bantuan ini. Adanya alat ini jelas akan sangat membantu jamaah dan takmir masjid tanpa ribet," ujarnya.

PWNU Jatim