• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Metropolis

Cegah Covid-19, Banser di Lamongan Lakukan Penyemprotan

Cegah Covid-19, Banser di Lamongan Lakukan Penyemprotan
Penyemprotan kantor MWCNU Pucuk, lamongan oleh Banser. (Foto: NOJ/Anam Rifai)
Penyemprotan kantor MWCNU Pucuk, lamongan oleh Banser. (Foto: NOJ/Anam Rifai)

Lamongan, NU Online Jatim
Sejumlah ikhtiar dilakukan berbagai kalangan khususnya di lingkungan Nahdlatul Ulama demi memutus mata rangkai Covid-19. Dari mulai penyemprotan disinfektan, pembagian masker, cairan pembersih tangan, dan sejenisnya. 

 

Seakan tidak ingin ketinggalan, Barisan Ansor Serbaguna atau Banser Desa Kesambi, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan melakukan aksi tanggap cepat. Hal tersebut sebagai langkah pencegahan virus Corona (Covid-19).

 

“Yang kami lakukan adalah dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah sarana ibadah dan fasilitas umum di Desa Kesambi,” kata Abdul Muthalib, Jumat (10/4).

 

Atas nama Komandan Banser Desa Kesambi, dirinya menjelaskan bahwa penyemprotan dilakukan sebagai wujud ikhtiar dalam pencegahan Covid-19.  

 

Dijelaskan bahwa Banser harus ikut serta membantu pemerintah desa dalam melakukan pencegahan Covid-19. Adapun target penyemprotan adalah masjid, mushala, Taman Pendidikan al-Qur’an, sekolahan, termasuk kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pucuk.

 

“Gerakan ini juga menjangkau sepanjang jalan yang ada di Desa Kesambi, termasuk masjid Muhamadiyah,” jelasnya.

 

Pada saat yang sama, Banser turut memberikan edukasi kepada warga terkait bagaimana menghentikan beredarnya virus Corona.

 

“Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu melakukan pola  hidup yang sehat agar terhindar dari penyebaran virus Corona atau Covid-19,” ungkapnya.

 

Penyemprotan turut diikuti langsung Kepala Desa Kesamabi, Ainun Najib beserta perangkat. Termasuk bergabung yakni dari unsur Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Babinkantibmas.

 

Anam Rifa'i sebagai Sekretaris Desa Kesambi sangat terbantu dengan kesiapan anggota Banser yang selalu siap, sigap dan cepat soal wabah virus Corona ini.

 

“Kita  sama-sama berikhtiar secara medis maupun doa agar kita terhindar dari virus Corona yakni dengan penyediaan alat dan bahan disinfektan baik yang telah disediakan dari swadaya anggota Banser maupun dipasok oleh pemerintah desa,” pungkasnya.

 

Kontributor: Anam Rifa’i
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru