• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Metropolis

Cegah Covid-19, UPZIS Lemahputro Sidoarjo Ingatkan Pentingnya Cuci Tangan

Cegah Covid-19, UPZIS Lemahputro Sidoarjo Ingatkan Pentingnya Cuci Tangan
UPZIS Lemahputro membagikan tempat air untuk cuci tangan kepada Ketua RT di kawasan setempat. (Foto: NOJ/Istimewa)
UPZIS Lemahputro membagikan tempat air untuk cuci tangan kepada Ketua RT di kawasan setempat. (Foto: NOJ/Istimewa)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Perjuangan para relawan NU Peduli Covid-19 dari unsur Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (UPZIS) Lemahputro Sidoarjo dalam usaha pencegahan wabah yang sedang terjadi seolah tak mengenal lelah.

 

Selain rutin mengadakan penyemprotan disinfektan di mushala, masjid dan rumah warga, juga memberikan wawasan kepada masyarakat terhadap pentingnya kebersihan dengan menyediakan tempat cuci tangan.


“UPZIS Lemahputro kali ini menyediakan tempat air untuk cuci tangan, khususnya di titik  keramaian tempat warga yang  berlalu lalang. Distribusinya melalui seluruh Ketua Rukun Tetangga di Lemahputro,” kata Gunawan, Ahad  (5/4).

 

Pengurus UPZIS Lemahputro tersebut menjelaskan bahwa apa yang dilakukan merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat sekaligus sebagai upaya mengurangi risiko paparan virus Covid-19. 

 

Kader NU yang aktif dalam kegiatan sosial keagamaan di Sidoarjo ini juga menyampaikan bahwa pengadaan tempat air disambut baik oleh warga dan didukung Fatayat NU dan LAZISNU. 

 

“Tempat air ini diharapakan akan memudahkan masyarakat dalam menjaga higienitas pola hidup sehari-hari dengan cuci tangan,” ungkapnya. 

 

Upaya peningkatan penyadaran masyarakat merupakan salah satu bentuk yang digagas KH Zainal Abidin. 

 

Ketua Satgas Covid 19 PCNU SIdoarjo tersebut berharap bahwa kader NU bisa menjadi pemantik agar masyarakat menyadari bahaya virus Corona.

 

“Juga muncul kesadaran mereka untuk bergerak secara mandiri dalam menjaga kesehatan,” katanya. 

 

Selain pembagian tempat air untuk cuci tangan, berbagai ikhtiar telah dilakukan kader NU baik di tingkat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulamadan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama. 

 

Hal tersebut dibuktikan dengan menyelenggarakan penyemprotan fasilitas publik seperti mushalla, masjid, gereja, vihara. 

 

“Termasuk pembagian masker gratis kepada masyarakat yang berisiko tinggi terhadap paparan virus Corona,” pungkasnya. 

 

Kontributor: Mukhzamilah
Editor: Syaifullah


 


Editor:

Metropolis Terbaru