Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cegah Narkoba, IPNU Sumenep Gelar Tes Urine untuk Pelajar

Cegah Narkoba, IPNU Sumenep Gelar Tes Urine untuk Pelajar
Pelajar NU Sumenep menunjukkan urine masing-masing untuk dites. (Foto: NOJ/Habib)
Pelajar NU Sumenep menunjukkan urine masing-masing untuk dites. (Foto: NOJ/Habib)

Sumenep, NU Online Jatim

Persebaran narkotika di Sumenep akhir-akhir ini kian meresahkan. Pasalnya, ada banyak kasus penangkapan yang dilakukan kepolisian dan pihak terkait karena barang haram ini. Hal tersebut memantik banyak kalangan untuk ekstra waspada, utamanya para pelajar yang notabene aset masa depan bangsa.

 

Tak ingin para kadernya terganggu oleh barang haram ini, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Sumenep melaksanakan tes urine bagi pelajar. Kegiatan yang dilakukan atas kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK) Sumenep tersebut dilaksanakan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gapura, Sumenep, Senin (08/02/2021).

 

Zaynollah menuturkan, bahwa IPNU Sumenep bekerja sama dengan BNNK melaksanakan tes urine bagi pelajar guna menekan angka penggunaan dan peredaran narkoba di daerah setempat.

 

“Hal ini merupakan bentuk komitmen kami serta memastikan tidak ada kader yang terlibat dalam penggunaan dan pengedaran barang haram ini," tegasnya.

 

Ketua PC IPNU Sumenep tersebut menjelaskan, bahwa kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan pelajar NU yang tersebar di kabupaten setempat. Di mana pelaksanaan kegiatan sementara dibagi dalam tiga lokasi, yakni secara berurutan di Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Gapura, kota, dan Lenteng.

 

“Hari ini (Senin) lokasi pertama di Gapura. Kemudian disusul pada hari Rabu di Kecamatan Kota. Dan terakhir, di Lenteng pada hari Kamis,” urainya.

 

Ia pun menambahkan, bahwa sebelumnya IPNU Sumenep telah membentuk Tim Anti Narkoba Pelajar. Hal ini menjadi penting mengingat narkoba merupakan penjajah yang tidak berwajah yang dapat menjerumuskan kader pada hal yang tidak benar. Disebutkan pula bahwa kegiatan dalam rangka menyambut hari lahir atau Harlah ke-67 IPNU pada 24 Februari.

 

“Hal ini tidak lain untuk memberikan kado manis kepada para pendiri, bahwa pelajar NU Sumenep bersih dari kungkungan barang haram tersebut. Kami optimis itu. Doakan semoga IPNU mampu menjadi pelopor dalam menjaga pelajar dari jeratan narkotika,” harapnya.

 

Sementara itu, Fathor Rosy salah satu kader yang mengikuti tes urine sangat berharap agar kegiatan terus digalakkan, khususnya ke ranah pelajar. Karena musuh berat pelajar adalah narkoba.

 

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada BNNK dan IPNU Sumenep yang telah memilih PAC IPNU Gapura sebagai tempat pelaksanaan kegiatan,” tandas Ketua PAC IPNU Gapura ini.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim