• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Tapal Kuda

Cegah penyebaran Corona, Ansor Lumajang Bagikan Ratusan Masker Medis

Cegah penyebaran Corona, Ansor Lumajang Bagikan Ratusan Masker Medis
Kerja sama PP GP Ansor dengan mendistribusikan masker medis kepada warga Lumajang. (Foto: NOJ/SPn)
Kerja sama PP GP Ansor dengan mendistribusikan masker medis kepada warga Lumajang. (Foto: NOJ/SPn)

Lumajang, NU Online Jatim

Pandemi Corona belum juga ada tanda akan segera berakhir. Karenanya, semua pihak harus tetap waspada, khususnya dalam menerapkan protokol kesehatan. Mengenakan masker adalah di antara langkah yang direkomendasikan agar penyebaran virus dapat diminimalisir.

 

Bersamaan dengan itu, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Lumajang membagikan ribuan masker kepada warga. Apalagi sejumlah kawasan di daerah ini terkena imbas erupsi yang diakibatkan gunung Semeru.

 

“Pandemi Covid-19 dan meletusnya gunung Semeru membuat kita makin yakin soal pentingnya kerja sama semua pihak,” kata Emil Dardak, Jumat (25/12/2020).

 

Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengapresiasi langkah kemanusiaan yang dilakukan salah satu badan otonom di NU tersebut.

 

Pernyataan disampaikannya bersama Bupati Lumajang dan perwakilan masyarakat pada peluncuran 5 juta masker medis untuk 20 kabupaten dan kota se-Indonesia. Kegiatan dipusatkan di Panti PKK Pendopo Arya Wiraraja, Lumajang.

 

Thoriqul Haq juga memberikan apresiasi positif senada atas distribusi 150 ribu masker medis shield ke warga rentan penularan. Meskipun kondisi bencana meletusnya gunung Semeru yang menimpa wilayahnya sudah mulai mereda, namun ancaman lahar dingin masih ada.

 

“Bahkan, potensi penyebaran virus Covid-19 di masyarakat yang rentan terhadap penularan juga tidak kalah berbahayanya,” kata Bupati Lumajang tersebut..

 

Disampaikan pria yang juga Komandan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Lumajang tersebut bahwa gerakan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak adalah kunci dalam menghindari penularan Corona.

 

“Kami menilai langkah distribusi masker medis yang bagus dari GP Ansor ini menjadi inspirasi kuat buat Lumajang untuk bahu membahu menangani cobaan pandemi sekaligus letusan Semeru yang kemarin terjadi,” jelasnya.

 

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor Mohammad Haerul Amri mengatakan gerakan kemanusiaan dibangun bersama produsen Aice Group adalah gabungan dari kekuatan kerja sama. Juga dukungan logistik masker berkualitas, dan pembangunan aspek psikologis dari rakyat.

 

"Lumajang menjadi bagian penting di kampanye 5 juta masker medis yang kita jalankan bersama di 20 kota,” jelasnya.

 

Brand Manager Aice Group, Sylvana mengatakan, kampanye merupakan kelanjutan dari misi kemanusiaan sebelumnya, di awal pandemi April 2020 lalu. Saat itu, perusahaan ini dan Ansor menjadi pihak yang cukup awal masuk ke lapangan membantu tenaga kesehatan di Jabodetabek dan Jawa Tengah dalam memasok berbagai Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat langka kala itu.

 

14 rumah sakit penanganan Covid-19 mendapatkan pasokan APD seperti hazmat, masker, thermogun dan lainnya. Bukan hanya korban bencana Semeru, masker disitribusikan juga ke para petugas kebersihan, perwakilan tenaga kesehatan, siswa, santri, mahasiswa, dan berbagai elemen masyarakat lain.

 

“Kami melanjutkan kerja sama dengan berbagai elemen pemerintahan, masyarakat dan media massa dalam memperkuat masyarakat menghadapi pandemi ini,” jelasnya.

 

Lumajang menjadi wilayah ke-11 dari 20 kota yang menerima distribusi masker medis shield produksi perusahaannya. Sejak Oktober lalu Gerakan pentahelix ini menyambangi Jakarta, Cirebon, Rembang,Yogjakarta, Semarang, Batang, Bogor, Ambon, Surabaya dan Malang.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru