• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Tapal Kuda

Cegah Penyebaran Covid-19, IPNU-IPPNU di Banyuwangi Kawal Daerah Perbatasan

Cegah Penyebaran Covid-19, IPNU-IPPNU di Banyuwangi Kawal Daerah Perbatasan
Pengecekan dilakukan IPNU-IPPNU Tegalsari Banyuwangi kepada sejumlah warga yang masuk kawasan tersebut. (Foto: NOJ/istimewa)
Pengecekan dilakukan IPNU-IPPNU Tegalsari Banyuwangi kepada sejumlah warga yang masuk kawasan tersebut. (Foto: NOJ/istimewa)

Banyuwangi, NU Online Jatim
Pandemi Covid-19 yang belum usai membuat pelajar yang terhimpun dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur turut andil.

 

Yang dilakukan adalah  dengan turut terlibat di area check point Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Tegalsari. Program ini merupakan salah satu inovasi kerja sama pemerintah dan pemuda setempat untuk menjaga ketat daerah perbatasan. 

 

Wahyu selaku Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Tegalsari mengatakan bahwa pengawalan tersebut sebagai upaya penanganan Covid-19. Apalagi hingga kini belum juga mereda bahkan tidak ada tanda-tanda melandainya kurva perkembangan.

 

Kegiatan pengawalan yang melibatkan sejumlah kader PAC, Pimpinan Ranting (PR), dan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU tersebut berupa pengecekan suhu badan dan pendataan warga yang baru datang khususnya dari luar daerah Banyuwangi. 

 

“Sebagai pemuda yang berjiwa belajar, berjuang dan bertaqwa, kami lakukan penjadwalan secara bergantian yakni pagi, siang sore dan malam,” jelas Wahyu.

 

Wahyu juga menuturkan, pengawalan tersebut dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 23.00 WIB dilaksanakan mulai tanggal 10 Mei 2020 atau 17 Ramadhan 1441 H sampai 30 Mei 2020 yaitu 7 Syawal 1441 H. 

 

“Sasaran dalam kegiatan ini yaitu seluruh warga yang melintas masuk maupun keluar perbatasan Desa Tegalsari dan perbatasan Desa Setembel Gambiran,” ungkap Wahyu. 

 

Selain pengawalan terhadap warga yang baru keluar masuk perbatasan, mereka juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang belum memakai masker. Bila ditemukan warga tanpa membewa masker agar putar balik dan tidak diperkenankan lewat sampai mengambil dan memakai maskernya. 

 

“Hal ini dilakukan demi keselamatan dan kesehatan diri dari penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19,” tegas Wahyu.

 

Dirinya juga berharap dengan diadakan kegiatan ini, warga bisa bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk sama memutus rantai penyebaran Covid-19. Agar virus benar-benar hilang dan masyarakat bisa berkativitas seperti biasa kembali.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru