Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cegah Stunting, Fatayat NU Tulungagung Bagikan Takjil Khusus Ibu Hamil

Cegah Stunting, Fatayat NU Tulungagung Bagikan Takjil Khusus Ibu Hamil
Pembagian Takjil Kepada Ibu Hamil oleh PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung. (Foto: NOJ/Fatayat NU Tulungagung)
Pembagian Takjil Kepada Ibu Hamil oleh PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung. (Foto: NOJ/Fatayat NU Tulungagung)

Tulungagung, NU Online Jatim

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mencegah stunting pada bayi, Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tulungagung membagikan takjil khusu untuk ibu hamil.

 

"Takjil yang diberikan oleh PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung kepada ibu hamil merupakan makanan dan minuman bergizi yang dibutuhkan," kata Siti Kusnul Kotimah, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung.

 

Kusnul menjelaskan bahwa takjil diberikan kepada ibu hamil yang ada di setiap desa seluruh Kabupaten Tulungagung sepanjang bulan Ramadlan.

 

"Memberikan takjil khusus kepada ibu hamil, merupakan shadaqah yang luar biasa. Karena membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang sehingga mencegah stunting bagi bayi," jelas Kusnul.

 

Terdapat beraneka ragam jenis makanan dan minuman dalam satu paket takjil yang diberikan. Diantaranya kurma, roti, susu, buah, atau kolak yang penuh dengan gizi.

 

Kusnul mengaku mengintrusikan kepada seluruh pengurus untuk memberikan takjil dengan gizi yang dibutuhkan ibu hamil.

 

"PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung berharap kegiatan pembagian takjil untuk ibu hamil bisa membantu meningkatkan gizi yang seimbang sehingga mampu mencegah bayi terlahir stunting," harap Kusnul.

 

Fitri Santika, salah satu ibu hamil yang mendapatkan takjil dari PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung mengaku senang dan mengapresiasi hal tersebut.

 

"Ini takjilnya spesial. Biasanya takjil diberikan kepada masyarakat umum, tapi ini khusus untuk ibu hamil," terang Fitri.

 

Menurut Fitri, takjil yang ia terima sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan memiliki rasa yang nikmat.

 

"Takjil yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, selain itu rasanya juga enak," ujarnya.

 

Editor: Risma Savhira

F1 Promosi Iklan