Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cegah Virus Menyebar, Ranting IPNU-IPPNU di Sumenep Tebar Masker

Cegah Virus Menyebar, Ranting IPNU-IPPNU di Sumenep Tebar Masker
PR IPNU-IPPNU Karduluk, Pragaan, Sumenep membagikan masker kepada warga. (Foto: NOJ/Firdausi)
PR IPNU-IPPNU Karduluk, Pragaan, Sumenep membagikan masker kepada warga. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Cara paling sederhana untuk mengatasai masyarakat yang ngeyel keluar rumah tanpa pengamanan apa pun adalah memberikan masker. Karena di antara fungsi alat penutup mulut dan hidung tersebut akan mencegah penempelan droplet atau cairan ludah dari seseorang yang sedang berbicara, bersin, dan batuk.

 

Berangkat dari konisi tersebut, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Karduluk, Pragaan, Sumenep melakukan pencegahan Covid-19 dengan membagikan masker. Kegiatan dilakukan di perlintasan depan gerbang desa setempat, Rabu (6/5).

 

Jalaluddin selaku Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Pragaan menjelaskan bahwa kegiatan ini hakikatnya ingin menghidupkan program di tengah pandemi Covid-19.

 

"Kami menginstruksikan kepada segenap ketua ranting untuk tidak berdiam diri atau Covid-19 dijadikan alasan kevakuman program," katanya.

 

Dirinya memberikan pandangan kepada setiap ketua ranting untuk mengadakan gerakan kemanusian demi memutus mata rantai Covid-19 di Sumenep.

 

"Alhamdulillah, instruksi kami direspons positif oleh Ketua Pimpinan Ranting Karduluk untuk mengadakan aksi sosial yang dikemas dengan membagikan masker kepada masyarakat," ungkapnya.

 

Faiqatuz Zahrah selaku Ketua PAC IPPNU Pragaan memberikan pandangan bahwa kegiatan sebagai bentuk kepedulian pelajar NU kepada masyarakat. Yakni agar selalu waspada dan tetap berikhtiar melawan Covid-19.

 

"Salah satu alasan kegiatan ini terlaksana, mungkin ada sebagian masyarakat ingin memakai masker tapi tidak memiliki," katanya.

 

Kegiatan yang bertajuk ibadah di bulan Ramadlan merupakan bentuk sedekah dari kalangan pelajar NU Pragaan.

 

"Semoga kegiatan ini dicatat oleh Allah SWT sebagai ibadah dan dilipat gandakan oleh-Nya," harap Faiq, sapaannya.

 

Di kesempatan berbeda, Ketua PR IPNU Karduluk menceritakan proses dan perencanaan kegiatan.

 

"Sebenarnya kegiatan ini sudah lama direncanakan, tapi jaraklah yang membatasi, yakni posisi kami saat itu masih berada di pondok. Tentunya kami kesulitan untuk melaksanakan kegiatan ini. Dengan demikian, kami pending dulu atau menunggu liburan pondok," kata Imam Hanafi.

 

Dirinya syukur bisa melaksanakan kegiatan ini atas dukungan dari pengurus PAC Pragaan dan pengurus PR Karduluk.

 

"Alhamdulillah, pada hari ini kami melaksanakannya dengan sempurna," imbuhnya.

 

Sedangkan Sakinah Izza Qarina sebagai Ketua PR IPPNU Karduluk berterima kasih kepada berbagai pihak, terutama donatur yang sudi menyumbang untuk kegiatan ini. Termasuk rekan penjahit sehingga terkumpul seribu masker.

 

Saat pelaksanaan kegiatan, masyarakat merespons positif walaupun ada sebagian yang belum mengerti cara penggunaan dan manfaat masker saat pandemi.

 

"Saat kami memberikan masker pada sebagian masyarakat, ada saja yang tidak tahu cara menggunakan, sehingga harus dibantu," kata Nabila Rahmatilla selaku ketua pelaksana.

 

Sejumlah warga berterima kasih atas kepedulian para pelajar NU. Hasani, misalnya. Sopir angkutan bus mini tersebut juga berharap kegiatan mampu menyadarkan masyarakat untuk lebih waspada di tengah pandemi. 

 

“Karena saat ini ada sebagian masyarakat yang tidak memakai masker saat keluar rumah," tandasnya.

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah


Editor:
F1 Bank Jatim