Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cerita Becak Mudik Lewat Tol Surabaya-Gresik

Cerita Becak Mudik Lewat Tol Surabaya-Gresik
Tangkapan layar becak masuk tol di video yang viral. (Foto: Istimewa)
Tangkapan layar becak masuk tol di video yang viral. (Foto: Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Peristiwa mengundang tawa terjadi di momen mudik Lebaran tahun ini. Sebuah becak yang belakangan diketahui mau mudik lokal melintas di Tol Surabaya-Gresik pada Jumat siang kemarin (14/05/2021). Video peristiwa itu kemudian viral di media sosial dan jejaring WhatsApp.

 

Dalam video yang beredar, seorang pria paruh baya terlihat mendorong becak begitu sampai di sebuah pintu tol. Dua penumpang duduk dengan santai di atas becak. Tepat di palang pintu tol, seorang petugas berdiri. Petugas itu kemudian mengarahkan becak tersebut menepi.

 

Humas PT Margabumi Matrajaya Andjar Hari Sutoto, pengelola jasa Tol Surabaya-Gresik, menjelaskan, peristiwa di video berdurasi 45 detik itu terjadi di pintu keluar Tol Tandes Timur I. becak tersebut masuk dari jalur masuk Tol Dupak tanpa palang pintu alias terbuka.

 

“Itu katanya dari arah Krembangan menuju kea rah Jalan Margomulyo. Dia mau ke rumah saudaranya. Mereka itu satu keluarga, penumpang dan sopirnya,” kata Andjar dihubungi wartawan pada Sabtu (15/05/2021).

 

Kepada petugas, si tukang becak mengatakan hendak ke rumah saudaranya untuk unjung-unjung alias silaturrahim Lebaran. Si tukang becak nekat lewat jalur tol karena menyangka jalan tol sepi karena Lebaran.

 

“Dia mau mudik lokal,” ujar Andjar.

 

Ia mengatakan petugas tidak menjatuhkan sanksi kepada tukang becak tersebut dengan alasan tidak memiliki kewenangan. Petugas hanya menegur dan memberikan penjelasan bahwa becak tidak boleh masuk tol. Setelah itu mereka dilepas.

 

Andjar menerangkan, itu adalah kejadian yang ke sekian kalinya. Sebelumnya, pengendara sepeda angin dan sepeda motor juga pernah melintas di jalur tol yang sama. Pernah juga ada pengendara motor yang masuk ke jalur tersebut dan rupanya berkaitan dengan tindakan kriminal.

 

“Karena ada tindakan kriminalnya, kemudian kami serahkan kepada pihak kepolisian,” kata Andjar.

 

Editor: Nur Faishal


F1 Promosi Iklan