Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ciptakan Rasa Aman, Ansor di Sidoarjo Dirikan Posko Ramadlan

Ciptakan Rasa Aman, Ansor di Sidoarjo Dirikan Posko Ramadlan
Banser apel pasukan di Posko Ramadlan di Tulangan, Sidoarjo. (Foto: NOJ/MK)
Banser apel pasukan di Posko Ramadlan di Tulangan, Sidoarjo. (Foto: NOJ/MK)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat dilakukan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Salah satu caranya yakni dengan mendirikan posko Ramadlan di depan klinik Nahdlatul Ulama (NU) Desa Modong.

 

Ketua PAC Ansor Tulangan, M Habib Al Amin mengatakan, sudah 25 tahun terakhir ini Ansor-Banser dan banom NU lainnya turut serta memberikan rasa aman dan menjaga ketertiban di masjid-masjid yang tersebar di Kecamatan Tulangan.

 

“Posko Ramadlan ini didirikan setiap tahunnya selama bulan ramadlan yang tujuannya tak lain adalah untuk menjaga keamanan, membantu masyarakat dan menertibkan masjid-masjid yang dekat jalan raya,” kata Habib kepada NU Online Jatim, Selasa malam (27/04/2021).

 

Menurutnya, setiap hari sekitar 17 personel Ansor, Banser, CBP, dan KPP disiagakan mulai pukul 20.00 hingga pukul 23.00 WIB. Karena masih pandemi, sementara waktu pihaknya masih memfokuskan pada satu titik. Namun, khusus untuk hari Sabtu malam Ahad diadakan keliling ke desa-desa.

 

Selain memberikan rasa aman dan menjaga ketertiban, posko Ramadlan ini juga dijadikan sebagai ajang silaturrahim dan memupuk tali persaudaraan antar pengurus dan banom NU lainnya.

 

Lebih lanjut Habib mengatakan, Ansor-Banser adalah ormas yang berbasis sosial, maka nilai sosial akan terus ditampakkan. Sehingga Ansor-Banser lebih dekat dengan masyarakat.

 

“Dengan adanya posko Ramadlan ini, kami berharap masyarakat senantiasa menjaga diri, waspada dan apa saja yang berdampak negatif perlu ditingkatkan lagi. Sehingga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.

 

Sementara itu, salah satu warga Desa Kepunten, Mamad, mengaku senang dengan adanya posko Ramadlan yang dibangun oleh Ansor Tulangan. “Alhamdulillah, nuansa Ramadlan terasa hangat dan nyaman dengan adanya posko Ramadlan,” ucapnya singkat.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan