• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Metropolis

Covid-19 Meningkat, Menag Imbau Kegiatan di Rumah Ibadah Dibatasi

Covid-19 Meningkat, Menag Imbau Kegiatan di Rumah Ibadah Dibatasi
H Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI. (Foto: Ist).
H Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI. (Foto: Ist).

Surabaya, NU Online Jatim

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran No SE 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah.

 

Hal itu untuk menjadi pedoman masyarakat dalam kegiatan di rumah ibadah, mengingat penyebaran Covid-19 dalam satu bulan terakhir kembali meningkat di berbagai daerah. Bahkan pula muncul berbagai varian virus baru.

 

Melalui Surat Edaran itu, Menag berharap umat beragama tetap bisa menjalankan aktivitas ibadah sekaligus terjaga keselamatan jiwanya dengan cara menyesuaikan kondisi terkini di wilayahnya.    

 

"Saya telah menerbitkan surat edaran, sebagai panduan upaya pencegahan, pengendalian, dan pemutusan mata-rantai penyebaran Covid-19 di rumah ibadah," ujar Menag dilansir NU Online, Rabu (16/06/2021).  

 

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini menjelaskan, untuk kegiatan keagamaan di daerah zona merah sementara ditiadakan sampai wilayah tersebut dinyatakan aman. Penetapan perubahan wilayah zona dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing.  

 

"Kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan, seperti pengajian umum, pertemuan, pesta pernikahan, dan sejenisnya di lingkungan rumah ibadah juga dihentikan sementara di daerah zona merah dan oranye sampai dengan kondisi memungkinkan," terangnya.

 

Lebih lanjut, Gus Yaqut menegaskan bahwa kegiatan peribadatan di rumah ibadah di daerah yang dinyatakan aman dari penyebaran Covid-19, hanya boleh dilakukan oleh warga lingkungan setempat dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

 

“Untuk teknis pelaksanaannya, Kementerian Agama sudah mengatur hal tersebut melalui Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE. 1 Tahun  2020 tentang Pelaksanaan Protokol Penanganan Covid-19 pada Rumah Ibadah,” jelas Menteri kelahiran Rembang, Jawa Tengah ini. 

 

Kepada jajarannya di tingkat pusat, Menag juga minta untuk melakukan pemantauan pelaksanaan surat edaran ini secara berjenjang. Demikian juga para Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi, Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota.

 

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan, Penyuluh Agama, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Keagamaan, dan pengurus rumah ibadat juga diinstruksikan melakukan pemantauan.

 

 

"Lakukan koordinasi secara intensif dengan pemerintah daerah dan Satuan Tugas Covid-19 setempat," pungkasnya.


Metropolis Terbaru