Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Cuaca Cerah, LFNU Jatim Tetapkan 24 Lokasi untuk Pantau Hilal

Cuaca Cerah, LFNU Jatim Tetapkan 24 Lokasi untuk Pantau Hilal
Pantauan hilal. (Foto: NOJ/lp)
Pantauan hilal. (Foto: NOJ/lp)

Surabaya, NU Online Jatim

Pantauan hilal untuk memastikan masuknya bulan suci Ramadlan 1442 H terus dilakukan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan bahwa pemantauan hilal tidak ada halangan.

 

“Insyaallah cuaca hari ini cerah berawan,” kata Teguh Tri, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda.

 

Berdasarkan data yang dimiliki, BMKG Juanda mengungkapkan cuaca cerah berawan terjadi pada pukul 16.00-19.00 WIB.

 

“Cuaca cerah berawan tersebut diantaranya di Surabaya, Trenggalek, Blitar, Madiun, Ngawi, Magetan, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Pulau Bawean, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan,” ungkapnya.

 

Sementara itu, prakiraan cuaca cerah tersebar di Pacitan, Tulungagung, Malang, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Jombang, dan Sumenep.

 

“Sedangkan hujan akan terjadi di Ponorogo, Kediri, Kota Malang, Jember, Bondowoso, Probolinggo, Pasuruan, Mojokerto, Nganjuk, dan Batu,” ujarnya.

 

Sementara itu, dalam pantauan hilal ini Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur sudah menentukan 24 lokasi untuk memantau. Menurut Ahmad Shofiyullah, Ketua LFNU Jawa Timur, selain dari faktor cuaca, pantauan hilal juga didukung dengan peralatan yang canggih.

 

“Alhamdulillah kali ini kabupaten/kota sudah banyak yang memiliki alat canggih untuk memantau hilal, seperti yang dimiliki oleh PWNU Jatim dan LFNU Gresik. Alat tersebut dapat dihubungkan dengan komputer, sehingga citra hilal bisa diolah dan divisualkan,” terangnya.

Iklan promosi NU Online Jatim