• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Madura

Dana Muktamar NU di Sumenep Diserahkan Saat Kegiatan Bahtsul Masail

Dana Muktamar NU di Sumenep Diserahkan Saat Kegiatan Bahtsul Masail
Penyerahan hasil kirab Koin Muktamar diserahkan di acara bahtsul masail. (Foto: NOJ/Firdausi)
Penyerahan hasil kirab Koin Muktamar diserahkan di acara bahtsul masail. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tentang mengeluarkan instruksi terkait penggalangan dana Muktamar ke-34 NU di Lampung pada Oktober 2020 yang berbarengan dengan peringatan Hari Santri Nasional. Seluruh pengurus wilayah, cabang, wakil cabang, hingga badan otonom NU se-Indonesia mampu menjakankan amanah tersebut dengan bijak.

 

Gerakan Kirab Koin NU Muktamar ke-34 merupakan gagasan dari PBNU yang dilatarbelakangi oleh ikhtiar kesinambungan guna mencapai kemandirian finansial semenjak peluncuran program nasional Koin (Kotak Infak) NU.

 

"Seluruh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama atau MWCNU se-Kabupaten Sumenep menjalankan instruksi tersebut. Para kader melakukan konvoi ke pelosok desa dengan beragam kendaraan. Tim Kirab Koin menyosialisasikan di beberapa titik, antara lain lembaga pendidikan, pasar, serta balai desa dan kecamatan," kata Abdul Hadi, Ahad (8/3).

 

Ketua NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep ini menegaskan, terkumpulnya Koin Muktamar ini di acara bahtsul masail diharapkan membangun kemandirian agenda lima tahunan.

 

"Alhamdulillah, ada tiga MWCNU yang menyetorkan hasil kirab koin pada hari ini,” katanya.

 

MWCNU dimaksud adalah Pragaan Rp19.561.000, Manding sebesar  Rp1.707.000, Batang-batang Rp5.000.000 dengan total Rp26.268.000,-.

 

Gemuruh tepuk tangan dilakukan musyawirin bahtsul masail ketika uang tersebut diserahkan secara simbolis oleh setiap Ketua MWCNU kepada Bendahara PCNU Sumenep dengan didampingi Ketua NU Care-LAZISNU Sumenep beserta ketua LAZISNU MWCNU.

 

Dengan demikian, ini salah satu bentuk bahwa NU mampu mandiri dalam menyelenggarakan Muktamar ke-34. Partisipasi dan keterlibatan Nahdliyin untuk menyukseskan jalannya permusyawaratan tertinggi lima tahunan tersebut.

 

Penyerahan Koin Muktamar berbarengan dengan acara bahtsul masail PCNU Sumenep yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Azhar Panggung Desa Pekamban Daya Kecamatan Pragaan dihadiri PCNU. Juga Pengurus MWCNU se- Sumenep, baik dari jajaran mustasyar, syuriyah, tanfidziyah, Banom, hingga Pengurus Ranting NU se-Kecamatan Pragaan. 

 

Kontributor: Firdausi
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Madura Terbaru