Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Darurat Covid-19, PKB Jatim Siap Laksanakan Instruksi PWNU

Darurat Covid-19, PKB Jatim Siap Laksanakan Instruksi PWNU
Fauzan Fuadi, Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim. (Foto: NOJ/ Rofi'i).
Fauzan Fuadi, Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim. (Foto: NOJ/ Rofi'i).

Surabaya, NU Online Jatim

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur siap mematuhi dan melaksanakan instruksi surat edaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim tentang penanganan Covid-19. Seperti yang tertuang dalam nomor 971/PW/A-II/L/VII/2021.

 

Intruksi PWNU Jatim tersebut juga akan dipatuhi oleh kader PKB se Jatim guna percepatan penanganan Covid-19.

 

Dalam hal ini, Bendahara DPW PKB Jatim,  Fauzan Fuadi mengatakan, saat ini sinergitas dari semua pihak sangat dibutuhkan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

 

Penyebaran Covid-19 yang baru-baru ini melonjak signifikan khususnya di wilayah Jatim membutuhkan kerja sama dan kesadaran personal di semua elemen. Hal tersebut, menurutnya dapat dimulai dari diri sendiri.

 

"Disiplin prokes harus diperketat dimulai dari diri sendiri, di sini dan sekarang juga," kata Fauzan, Ahad (04/07/2021).

 

Lebih lanjut, Fauzan yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini mewanti-wanti agar masyarakat serius dalam menjalankan instruksi pemerintah pada penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Sebab, menurut evaluasi yang dilakukannya, kepatuhan masyarakat menjadi kunci utama dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

 

"Ketaatan terhadap prokes tidak bisa ditawar-tawar lagi, instruksi dari pemerintah dan ulama jangan disepelekan. Khususnya dalam penerapan PPKM darurat," tegasnya.

 

Pria yang juga mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini  meminta kader PKB harus berkontribusi dan berperan aktif dalam mensukseskan perjuangan kiai NU dalam penanganan Covid-19. Kerja keras kiai NU harus selalu disuport dan diwujudkan, demi kemaslahatan bersama.

 

“Kebijakan imam atau pemerintah bagi rakyat harus berdasar maslahah. Kader PKB di Jatim wajib laksanakan perintah kiai-kiai NU sebagaimana tertuang dalam surat PWNU Jatim," ujar Fauzan.

 

Kendati demikian, Fauzan tetap optimis, masyarakat Indonesia dapat memerangi pandemi ini. Hal itu berdasarkan pengalaman di masa lalu, dimana bangsa ini harus menghadapi penjajah. Kegigihan dan semangat para pejuang itu bisa diimplementasikan saat ini.

 

"Kita bisa bangkit hadapi ini. 350 tahun kita dijajah, kita bisa bangkit," tuturnya.

 

 

Seperti diketahui sebelumnya, PWNU Jatim mengeluarkan surat instruksi menghadapi meroketnya kasus Covid-19. Di antara isi surat tersebut Nahdliyin diminta meningkatkan gerakan batiniyah spiritual salah satunya dengan membaca shalawat li daf’il bala’.

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9