Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Demi PKD, Kader Ansor di Probolinggo Jualan Ini Keliling Rumah

Demi PKD, Kader Ansor di Probolinggo Jualan Ini Keliling Rumah
Abdul Karim, Ketua PAC GP Ansor Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo memegang rokok yang dijualnya keliling. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Abdul Karim, Ketua PAC GP Ansor Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo memegang rokok yang dijualnya keliling. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Berjualan rokok di toko atau warung untuk biaya hidup sudah biasa. Namun, menjadi tidak biasa ketika menjual rokok dengan berkeliling demi melaksanakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

 

Dan itulah yang dilakukan Abdul Karim, Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Ia rela berjualan rokok dengan berkeliling dari rumah ke rumah supaya bisa membiayai kegiatan PKD yang akan dilaksanakan pada pekan depan.

 

Abdul Karim mengatakan, pemuda NU harus kreatif dan mandiri. Sehingga tidak selalu mengandalkan bantuan biaya untuk melaksanakan kegiatan. Termasuk dalam kegiatan PKD yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Maret 2021 mendatang. “Dana yang akan kita gunakan harus benar-benar mandiri. Termasuk dengan berjualan rokok keliling desa,” katanya.

 

Ia menyampaikan, berjualan rokok dengan berkeliling itu merupakan kerja sama pihaknya dengan salah satu perusahaan rokok. "Kita sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan rokok dengan sistem simbiosis mutualisme. Kita tidak usah pakai modal. Sasaran yang kami tuju adalah pengurus Ansor dan segenap stake holder yang mempunyai kebiasaan merokok," jelas Karim.

 

Menurutnya, hasil dari menjualberjualan rokok nantinya akan digunakan seluruhnya untuk pelaksanaan kegiatan PKD Ansor. "Dengan keuntungan rokok ini, semua kami sumbangkan dalam acara PKD Ansor, dan kami tidak merasa dirugikan," ujarnya.

 

Ia berharap, upaya membangun kemadirian yang dilakukannya akan dipertahankan generasi-generasi selanjutnya. "Harapan saya sebagai ketua. Semoga perjuangan seperti ini tidak hanya di periode saya. Melainkan juga akan berlanjut di kepengurusan setelah saya. Karena harapan besar saya adalah kemandirian NU yang kreatif," harapnya.

 

 

Karim mengungkapkan, pihaknya sudah dua pekan berjualan rokok dengan berkeliling bersama sejumlah pengurus Ansor. "Sudah selama dua pekan terakhir ini, saya bersama sahabat Ansor lainnya sudah keliling dari rumah ke rumah di beberapa desa. Guna menjual rokok dan keuntungannya akan kami sumbangkan langsung di acara PKD nanti," ungkapnya.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim