Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dengan Sedekah Jumat, Fatayat NU di Ponorogo Ringankan Beban Umat

Dengan Sedekah Jumat, Fatayat NU di Ponorogo Ringankan Beban Umat
Sedekah Jumat atau Semat merupakan bukti kepedulian PAC Fatayat NU Pulung, Ponorogo kepada warga. (Foto: NOJ/Yoga)
Sedekah Jumat atau Semat merupakan bukti kepedulian PAC Fatayat NU Pulung, Ponorogo kepada warga. (Foto: NOJ/Yoga)

Ponorogo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama Pulung, Ponorogo memiliki program andalan dalam menyapa umat. Yang dilakukan adalah dengan meluncurkan Sedekah Jumat atau Semat di Desa Sawur, Jumat (9/10/2020).

 

Bukan kali pertama ini pelaksanaan program yang digagas PAC Fatayat NU Pulung ini, melainkan sudah berjalan 4 kali. Yakni di Desa  Bedruk, Wagir Kidul, Plunturan, dan hari ini di Desa Sawur.

 

Menurut Lina Purnawati selaku Ketua Pelaksana Semat disampaikan bahwa kegiatan sebagai salah satu bukti nyata kepedulian kader mudi Fatayat NU. Seperti diketahui, keberadaan Fatayat NU adalah sebagai salah satu badan otonom (Banom) dari Nahdlatul Ulama.

 

"Pada kegiatan ini kami memiliki visi menjadi geberasi pecinta sedekah yang amanah dan peduli terhadap sesama. Maka dari itu kami melaksanakan sedekah Jumat ini atau kami sering sebutnya Semat," ungkap Lina.

 

Tak hanya sembilan bahan pokok yang dibagikan. Juga berbagai kebutuhan pokok sehari hari pun turut dibagikan, seperti halnya sabun cuci, sabun mandi dan keperluan rumah tangga lain.

 

"Kegiatan ini alhamdulillah bisa berjalan karena dukungan moril maupun matrial dari kawan kami seluruh Pimpinan Ranting Fatayat NU yang tersebar di Kecamatan Pulung. Selain itu memang ada donatur tetap yang sudah ikut dalam kegiatan ini,” jelasnya.

 

Sedangkan Erna Setyaningsinh selaku Ketua PAC Fatayat NU Pulung menambahkan pihaknya akan terus mengembangkan kegiatan ini. Sehingga nantinya bisa terlaksana tak hanya dari PAC yang memperkasai, tapi PR Fatayat NU yang tersebar di Kecamatan Pulung.

 

“Kegiatan ini bisa dilaksanakan secara mandiri,” katanya.

 

Dijelaskannya bahwa kegiatan memang baru empat kali terlaksana. Namun antusias dari donatur sangat luar biasa.

 

“Ke depan, kami akan kembangkan lagi dan terus kita galakkan sedekah Jumat ini," ungkap Erna.

 

Dirinya berharap dengan dibagikanya Sembako serta keperluan rumah tangga bisa membantu warga kurang mampu maupun membutuhkan.

 

“Selain itu juga banyak yang semakin semangat dan merasakan indahnya sedekah dan berbagi bagi sesama,” tutupnya.

 

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim