Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Di Sumenep, LTNNU Diharapkan Jadi Rumah Besar Media Informasi

Di Sumenep, LTNNU Diharapkan Jadi Rumah Besar Media Informasi
LTNNU Sumenep saat melaksanakan tapat di Kantor PCNU setempat, Jumat (14/11/2020).
LTNNU Sumenep saat melaksanakan tapat di Kantor PCNU setempat, Jumat (14/11/2020).

Sumenep, NU Online Jatim

Untuk menopang kinerja suatu lembaga organisasi perlu dilakukan perampungan struktur. Selain itu, setiap orang yang terpilih dalam struktur tersebut juga perlu saling mengenal satu sama lain. Hal tersebut dimaksudkan agar terbangun hubungan kerja sama yang kuat diantara mereka.

 

Atas dasar hal itu, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Sumenep melakukan musyawarah perampungan struktur pengurus harian dan dewan redaksi pcnusumenep.or.id, Jum'at (13/11/2020). Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor PCNU Sumenep lantai 1 ini merupakan agenda wajib sebelum diadakan ta'aruf dan penandatangan kontrak jam'iyah, Ahad (15/11/2020) mendatang.

 

Ustadz Firdausi menuturkan, integritas NU ke depan salah satunya ditentukan oleh sejauh mana kemampuan beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan informasi. Sebab, era sekarang telah banyak menyuguhkan realitas kehidupan yang kompleks. Sehingga, apabila tidak diimbangi dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif dan adaptif dengan teknologi dan informasi, tentu akan tenggelam dengan sendirinya, cepat atau lambat.

 

"Oleh karena itu, keberadaan LTNNU ini harus mampu menjembatani dinamisasi gerakan yang dibangun oleh NU dalam mengepakkan sayapnya di media, khususnya di Kabupaten Sumenep ini," ungkap Firdausi saat memimpin musyawarah.

 

Ketua LTNNU Sumenep ini menambahkan, pada dasarnya NU akan selalu diberitakan oleh media apapun. Namun, bukan berarti NU akan menjadi konsumsi komersialisasi berita semata. Sebab, NU adalah organisasi yang didirikan oleh para wali dan dipayungi visi-misi, cita-cita, dan komitmen moralitas keulamaan.

 

"Ingat! NU adalah lumbung penyadaran dan pemberdayaan moralitas keumatan," terang Dosen INSTIK Annuqayah Sumenep ini.

 

.

Irwan Sujatmiko, Redaktur Ahli pcnusumenep.or.id dalam kesempatan tersebut.mengingatkan tentang komitmen pengurus supaya target yang diinginkan bisa dicapai dengan baik. "Namun demikian, semua formulasi dan strategi yang disiapkan dengan matang ini akan bisa diwujudkan apabila di internal kepengurusan betul-betul serius dan istiqamah serta bisa membangun teamwork yang baik," ungkapnya.

 

K Ach Subairi Karim mengingatkan, peran LTNNU sangat diperlukan untuk mengimbangi bahkawan melawan propaganda kelompok di luar NU, utamanya di dunia digital. Selain itu juga diharapkan akan ada suatu gerakan dalam hal menguak manuskrip-manuskrip atau tulisan-tulisan sesepuh, baik yang masih hidup atau yang sudaj wafat, baik yang berbentuk aksara arab pegon ataupun tulisan biasa.

 

"Kalau tidak dilakukan semacam proses penyelamatan, maka ini akan menjadi suatu kekurangan bagi kita. Dan siapa lagi yang akan melakukan hal ini kalau tidak dilakukan oleh organisasi yang sistemik semacam LTNNU ini," ujarnya.

 

Wakil Ketua PCNU Sumenep ini menambahkan, tantangan yang dihadapi oleh NU di era kekinian dalam menciptakan dakwah moderasi keislaman dan kebangsaan sangatlah berbeda dengan zaman dulu. Peran teknologi digital sangatlah diperlukan. Sebab, kelompok di luar NU sudah melakukan gerakan tersebut.

 

"Hari ini, kita dituntut untuk mengisi pos-pos di media sosial dengan dakwah kita yang moderat dan rahmatan lil 'alamin," imbuhnya.

 

 


 

Dosen di STIDAR Ganding Sumenep ini menuturkan, gerakan yang dilakukan LTNNU sudah  cukup memberikan kejutan bagi pengurus harian PCNU Sumenep. Sebab, meskipun belum dilantik sudah banyak hal yang telah dilakukan.

 

"Semisal aktifasi website dan sekolah media yang dilakukan tempo hari. Semoga awal yang baik ini menjadi bekal untuk LTNNU lebih baik lagi di masa selanjutnya, serta menjadikan LTNNU sebagai rumah besar media informasi PCNU Sumenep," pungkasnya.

 

Penulis: Habib/ Abbas

Editor: Romza

Iklan PWNU Jatim