Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Di Tangan Santri Pesantren Qomaruddin Gresik, Songkok Jadi Lebih Menarik

Di Tangan Santri Pesantren Qomaruddin Gresik, Songkok Jadi Lebih Menarik
Songkok Pesantren Qomaruddin, Gresik. (Foto: NOJ/opop)
Songkok Pesantren Qomaruddin, Gresik. (Foto: NOJ/opop)

Gresik, NU Online Jatim

Songkok menjadi salah satu item yang banyak dicari saat Bulan Ramadhan. Tak ayal Pondok Pesantren Qomaruddin, Gresik selalu kebanjiran pesanan pada momen seperti saat ini. Apalagi produk unggulan pesantren yang terletak di Desa Sampurnan, Kecamatan Bungah ini menjadi incaran masyarakat, lantaran bentuknya yang menarik.

 

“Ya, songkok yang menjadi identitas laki-laki nusantara kini tampil lebih menarik di tangan santri Pesantren Qomaruddin. Songkok yang biasanya berwarna hitam polos ini pun disulap menjadi cantik karena adanya sentuhan lukisan,” kata Mohammad Ghofirin, Sekretaris OPOP Jatim, Rabu (12/05/2021).

 

Tak ayal produk pesantren yang telah menjadi anggota One Pesantren One Product (OPOP) Jatim ini, banyak menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menggiurkan.

 

“Usaha songkok lukis yang telah berjalan hampir tujuh tahun ini menghasilkan omzet puluhan juta rupiah, bahkan hasil itu bisa berlipat-lipat saat memasuki bulan suci Ramadlan seperti saat ini,” ungkapnya.

 

Untuk pasar, songkok khas Pesantren Qomaruddin ini sudah menembus pasar nasional. Pemasarannya juga banyak ada di luar Pulau Jawa, contohnya Baturaja, Sumatera Selatan hingga daerah Sumatera Barat.

 

“Sementara itu pemasaran juga dilakukan secara online melalui marketplace, serta turut menjadi item produk yang ditawarkan di OPOP Mart, marketplace OPOP Jatim,” terangnya.

 

Pembuatan songkok lukis sendiri terbilang cukup rumit, karena dibutuhkan tingkat ketelatenan tinggi, tergantung dari tingkat kerumitannya.

 

“Jika hanya pesan satu gambar dalam satu kodi songkos lukis dapat diselesaikan dalam satu hari,” pungkasnya.

 

Adapun terdapat empat jenis songkok yang ditawarkan, diantaranya songkok polos, AC, full AC dan Ceng hoo. Songkok AC dan Full AC yaitu songkok yang pada bagian atas terdapat sirkulasi udara seperti jaring-jaring hingga dijuluki AC.

Bank Jatim (31/7)