Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Di Tengah Pandemi, Sekolah di Sidoarjo Ini Ukir Sejumlah Prestasi

Di Tengah Pandemi, Sekolah di Sidoarjo Ini Ukir Sejumlah Prestasi
Siswa dan siswi SMK YPM 1 Taman Sidoarjo dengan aneka prestasi. (Foto: NOJ/
Siswa dan siswi SMK YPM 1 Taman Sidoarjo dengan aneka prestasi. (Foto: NOJ/

Sidoarjo, NU Online Jatim

Meskipun kondisi pandemi yang kurang bersahabat, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Ma’arif (YPM) 1 Taman Sidoarjo hingga saat ini masih terus membuktikan semangatnya dalam berkompetisi.

 

Ada sekitar tiga jenis perlombaan yang diikuti peserta didik SMK YPM 1 yaitu olimpiade bahasa Inggris atau bintang pelajar Indonesia. Itu rutin diselenggarakan tiap tahun oleh Asty Star Management untuk tingkat kabupaten hingga provinsi.

 

Juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komputer Club Politeknik Negeri Bali dengan bentuk Intechfest (information and Tecnology festival) yakni olimpiade Web Design Competition (WDC). Termasuk Second Youth Science Challenge YOSCA yang dilaksanakan oleh Universitas Maarif Hasyim Latief (Umaha) Sidoarjo, Sabtu (06/03/2021)

 

Pada olimpiade bahasa Inggris atau Bintang Pelajar Indonesia, tim SMK YPM 1 Taman Sidoarjo Maisyaroh mendapatkan mendali emas, Umdzatul Khoirot, Fria Juliana dan Marzuki Akmal mendapatkan mendali perak. Juga Dimas Fahrul Putra Arismanto merebut mendali perunggu. Semua adalah siswa/i kelas XII tahun ini.

 

Sedangkan pada olimpiade Web Design Competition (WDC), Apin siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK YPM 1 Taman Sidoarjo juga mampu menunjukkan kemampuannya. Di ajang kompetisi berskala nasional tersebut, berhasil meraih kategori juara favorit.

 

SMK YPM 1 juga rebut juara pada ajang olimpiade berskala Asia yakni Second Youth Science Challenge atau Yosca. Terdapat tiga kategori yang diraih yakni bahasa Indonesia oleh M Alief Nur dengan medali emas, M Ali Arinal Haq meraih perak dan Tegar Azhar Pratama membawa perunggu.

 

Untuk bahasa Inggris, Masdhuqi Zain membawa pulang emas, Akhmad Saifuddin dengan perak  dan  M Arif Rakhmansyah meraih perunggu. Sekaligus Fajar Bagaskara mendapatkan medali perunggu dalam lingkup matematika.

 

"Persiapan untuk lombanya ya belajar sungguh-sungguh dan berdoa," kata Maisyaroh Umdzatul, pemenang olimpiade bahasa Inggris.

 

H Harjono, Kepala Sekolah SMK YPM 1 Taman sangat mengapresiasi. Menurutnya, ini capaian luar biasa dengan harapan raihan dapat terus ditingkatkan dan dapat memberi motivasi seluruh siswa/i SMK YPM 1 Taman Sidoarjo untuk senantiasa mempertahankan tradisi berprestasi.

 

“Pandemi Covid-19 ini bukanlah suatu halangan untuk terus berprestasi. Pandemi ini mengajarkan kita bahwa belajar bisa dari manapun,” katanya.

 

Dikemukakan bahwa pandemi mengajarkan bahwa belajar bisa dari manapun, dan kerja sama yang baik antara sekolah, orang tua, dan guru juga sangat diperlukan untuk keberhasilan.

 

 

"Terima kasih tak terhingga kepada semua siswa/i yang sudah mengharumkan almamater SMK YPM 1 Taman Sidoarjo mulai tingkat kabupaten hingga Asia, semoga sekolah tetap menjadi sekolah kejuruan pilihan bagi masyarakat Sidoarjo,“ harap M Zainul Fuad.

 

Wakil Kepala Kesiswaan itu menyampaikan,  saat ini SMK YPM 1 Taman Sidoarjo memiliki 5 kompetensi keahlian yakni. Yaitu Teknik Pemesinan (TP), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Elektronika Industri dan Teknik Pengelasan.

 

Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022 juga sudah dibuka sejak Desember.

 

Penulis: Rohmad Salam

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim