• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Malang Raya

Di Titik Ini IPNU dan PMI Saling Terkait

Di Titik Ini IPNU dan PMI Saling Terkait
Ahmad Fauzi, kader IPNU Kepanjen, Malang, yang juga relawan PMI. (Foto: NOJ/Moch Miftahur Rizki).
Ahmad Fauzi, kader IPNU Kepanjen, Malang, yang juga relawan PMI. (Foto: NOJ/Moch Miftahur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri NU memiliki keterkaitan dengan banyak organisasi di luar NU. Seperti dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Ada peran sosial yang mengikat dua organisasi tersebut. Karena itu banyak kader IPNU dan IPPNU yang juga aktif di PMI.

 

Salah satu kader IPNU yang juga bergiat sebagai relawan di PMI ialah Ahmad Fauzi, aktivis IPNU Kepanjen, Malang. Awalnya, dia murni di IPNU hingga menjadi Ketua Pimpinan Anak Cabang IPNU Kepanjen. Di saat bersamaan, dia jadi relawan PMI. Baru setelah purna dari pimpinan IPNU Kepanjen dia lebih banyak fokus di PMI.

 

"Alhamdulillah, sekitar tahun 2014 saya memulai proses untuk menjalani hidup sebagai relawan PMI Kabupaten Malang. Ketika itu saya baru saja lulus dari Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi,” kata Fauzi kepada NU Online Jatim, Ahad (19/09/2021).

 

Fauzi menjadi Ketua IPNU Kepanjen tahun 2016-2018. “Setelah purna, justru saya kembali mendapatkan amanah sebagai Ketua KSR PMI Kecamatan Kepanjen mulai tahun 2018 hingga tahun 2021," imbuh alumni UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut.

 

Sejak itu, Fauzi fokus melakukan pembinaan PMR di sekolah-sekolah. "Pengalaman saya lebih banyak terjun di dunia pembinaan PMR. Namun, di kala pandemi tiba saya juga bertugas aktif saat penerapan PSBB dan PPKM di Malang. Meskipun terkadang melelahkan tetapi saya senang," tambah sarjana hukum itu.

 

Fauzi menuturkan, minatnya aktif di PMI tertular dari ayahnya yang juga relawan PMI. Ayahnya pernah bertugas saat bencana erupsi Gunung Merapi dan Gunung Kelud. Dari situ rasa kemanusiaan dan peduli sosialnya tumbuh sehingga juga meniru dan semangat menjadi relawan PMI.

 

Menurutnya, ada titik keterkaitan antara IPNU dengan PMII. Yaitu spirit keagamaan yang memang harus berhubungan dengan semangat kemanusiaan. "Sejatinya, antara IPNU dan PMI adalah dua hal yang tidak berseberangan, justru saling terkait,” tandas Fauzi.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru