Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Didampingi Komisi D DPRD Jatim, Ra Latif Tinjau Normalisasi Sungai Blega

Didampingi Komisi D DPRD Jatim, Ra Latif Tinjau Normalisasi Sungai Blega
Normalisasi Sungai Blega. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)
Normalisasi Sungai Blega. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)

Bangkalan, NU Online Jatim

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron meninjau langsung proses normalisasi Sungai Blega yang mulai dikerjakan minggu lalu. Pengerjaan dilakukan Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jatim melalui UPT PSDA Madura. 

 

“Dengan dibantu oleh Anggota Komisi D DPRD Jatim, Abdul Halim kami berupaya untuk mengurangi debit air di Sungai Blega,” katanya, Jumat (17/09/2021).

 

Ra Latif mengungkapkan bahwa saat ini Sungai Blega yang digarap sepanjang 300 meter dengan pengerukan sedalam 10 meter.

 

“Tahun depan juga akan kami ajukan untuk normalisasi di sisi seberang dan kami upayakan agar ada penyelesaian permanen,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Jatim Abdul Halim menjelaskan bahwa normalisasi Sungai Blega adalah respons atas terjadinya banjir tahunan yang melanda Kecamatan Blega.

 

“Jika terjadi banjir di Kecamatan Blega maka akses jalan dari Bangkalan ke Sampang selalu macet, maka ini sangat mengganggu,” jelasnya.

 

Dirinya juga mengupayakan adanya penyelesaian permanen untuk Sungai Blega. “Kami mengupayakan membangun embung-embung di hulu yang berfungsi untuk resapan air,” terangnya.

 

Halim menuturkan jika semua rencana terlaksana maka mimpi Bupati Bangkalan untuk membangun destinasi wisata di aliran Sungai Blega dapat tercapai.

 

“Tidak mustahil Bupati Bangkalan dapat membuat destinasi wisata di sungai ini jika semua rencana berjalan dengan lancer,” tuturnya.


Editor:
F1 Bank Jatim