Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dihadiri Ning Nanik, Ansor-Fatayat NU di Pasuruan Santuni Anak Yatim Piatu

Dihadiri Ning Nanik, Ansor-Fatayat NU di Pasuruan Santuni Anak Yatim Piatu
GP Ansor dan Fatayat NU Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan melaksanakan santunan anak yatim piatu di lapangan Desa Watu Prapat Kecamatan Nguling, Sabtu (12/ 09). (Foto : NOJ/ Rofi'i Boenawi).
GP Ansor dan Fatayat NU Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan melaksanakan santunan anak yatim piatu di lapangan Desa Watu Prapat Kecamatan Nguling, Sabtu (12/ 09). (Foto : NOJ/ Rofi'i Boenawi).

Pasuruan, NU Online Jatim

Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Dalam kalender jawa Bulan Muharram lebih dikenal dengan Bulan Suro. Salah satu bulan yang terkadang banyak diidentikan dengan hal-hal mistik.

 

Namun bagi anak yatim piatu, Bulan Muharram merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu. Bahkan ada sejumlah kalangan yang menyebut bahwa Bulan Muharram merupakan bulan hari rayanya anak yatim piatu.

 

Pada tahun ini ada sedikit perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. karena pada tahun ini kita semua dilanda wabah Virus Covid-19 yang tak kunjung selesai. Terkadang hal tersebut membuat beberapa kalangan tidak dapat berbuat apa-apa, karena adanya penerapan pembatasan sosial.

 

Namun, Gerakan Pemuda Ansor sesuai dengan surat Intruksi Kasatkornas Banser, tidak boleh berpangku tangan. Sebagai organisasi dibawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) Ansor-Banser wajib ikut berpartisipasi aktif dalam upaya penanganan wabah Covid-19.

 

Seperti yang dilakukan PAC GP Ansor bersama PAC Fatayat NU Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan yang melaksanakan santunan anak yatim. Kegiatan ini digelar di lapangan Desa Watu Prapat Kecamatan Nguling, Sabtu (12/ 09).

 

Hanafi, Ketua PAC GP Ansor Nguling mengatakan, kegiatan yang dihadiri alim ulama dan Forkopimka Nguling ini merupakan bentuk bentuk kepedulian kader Ansor dan Fatayat terhadap anak yatim piatu. "Kami hanya bisa mengharap semoga tahun depan dapat terselenggara lebih meriah dan manfaat barokah," ujar Hanafi.

 

Sementara itu, Maria Ulfa, Ketua PAC Fatayat NU Nguling menyatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan kerjasama pertama yang dilakukan pihaknya dengan PAC GP Ansor. “Kami tidak menduga ternyata acara kali ini lebih meriah dari pada biasanya," kata Ulfa.

 

Dalam acara tersebut turut hadir pula Ketua PC Fatayat Kabupaten Pasuruan, Nanik Asnawati, anggota DPR-RI Anisa Syakur, Anggota DPRD Jatim A. Hilmy, serta sejumlah pengurus PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan.

 

Ning Nanik, panggilan akrab istri Wakil Bupati Pasuruan tersebut, mengapresiasi kerjasama baik yang sudah dibangun oleh Ansor dan Fatayat Nguling. “Walaupun berbarengan ya tetap harus pake satir, karena itu pesan dari Rois Syuriah PCNU Kabupaten Pasuruan," ungkap Ning Nanik saat menyampaikan sambutan.

 

Ia juga mengajak kader Ansor dan Fatayat untuk ikut serta membantu Pemerintah Kabupaten Pasuruan melakukan upaya pencegahan penularan Virus Covid-19. Diantaranya dengan menggunakan masker, dan menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan memakai sabun.

 

Hal ini juga selalu disampaikan Wakil Bupati Pasuruan, KH Mujib Imron  dan Bupati Pasuruan, Gus Irsyada Yusuf di berbagai kesempatan. Gus Irsyad yang juga Kasatkorwil Banser Jatim berharap dengan upaya pencegahan yang dilakukan, pandemi Covid-19 bisa segera usai.

 

Editor : Romza

Iklan promosi NU Online Jatim