Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dilantik, IPNU-IPPNU Bangkalan Siap Gencarkan Semangat Literasi

Dilantik, IPNU-IPPNU Bangkalan Siap Gencarkan Semangat Literasi
Prosesi pelantika PC IPNU-IPPNU Bangkalan yang mengusung semangat literasi. (Foto: NOJ/ Sa'dullah).
Prosesi pelantika PC IPNU-IPPNU Bangkalan yang mengusung semangat literasi. (Foto: NOJ/ Sa'dullah).

Bangkalan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Bangkalan melaksanakan pelantikan pengurus. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula SMP Al Hikam Kemayoran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Ahad (05/09/2021).

 

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan, KH Muhammad Makki Nashir menyambut baik semangat menumbuhkan budaya literasi yang dicanangkan IPNU-IPPNU Bangkalan. Namun demikian, menurutnya, ilmu-ilmu itu mesti diimbangi dengan ilmu kerohanian dan sosial.

 

“Pelajar NU itu tidak cukup hanya belajar dan mengisi ilmu materi saja. Ilmu pengetahuan dan teknologi ini juga harus diimbangi dengan ilmu kerohanian, agar pelajar NU bisa tanggap menghadapi tantangan hidup,” ujarnya saat sambutan.

 

Ia menambahkan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini bergerak massif harus diimbangi dengan kerohanian. Hal tersebut agar hidup yang dijalani tidak hampa dan terarah sesuai kehendak Allah SWT.

 

“Saya harap, kader pelajar NU Bangkalan dapat mewujudkan itu,” ungkapnya.

 

Sebelumnya, Ketua IPNU Bangkalan Agus Ainul Yaqin menyampaikan tekadnya untuk menumbuhkan sumber daya manusia di bidang literasi. Pihaknya menginginkan kader IPNU-IPPNU Bangkalan bisa berkontribusi lebih di bidang literasi.

 

"Ini yang akan menjadi titik fokus kami dua tahun ke depan. Hal ini perlu dilakukan untuk membekali kader berliterasi yang baik dengan tidak menulis informasi-informasi bohong atau hoaks, serta untuk melakukan perlawanan atas itu," tutur Yaqin.

 

Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan Wilayah IPNU-IPPNU Jatim, Forum Pimpinan IPNU-IPPNU Korda Madura, IPNU-IPPNU Surabaya, dan IPNU-IPPNU Sidoarjo. Tidak ketinggalan, hadir pula Majaelis Alumni IPNU-IPPNU se-Kabupaten Bangkalan.

 

Penulis: Sa'dullah

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 Bank Jatim