Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Dilantik, PC Pergunu Nganjuk Segera Bekali Guru Sambut Sekolah Dibuka 2021

Dilantik, PC Pergunu Nganjuk Segera Bekali Guru Sambut Sekolah Dibuka 2021
Kegiatan pelantikan PC Pergunu Nganjuk di Pendopo Kabupaten setempat, Sabtu (21/11/2020). (Foto: NOJ/ Romza).
Kegiatan pelantikan PC Pergunu Nganjuk di Pendopo Kabupaten setempat, Sabtu (21/11/2020). (Foto: NOJ/ Romza).

Nganjuk, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Nganjuk Periode 2020-2025 resmi dilantik, Sabtu (21/11/2020). Pasca pelantikan, PC Pergunu Nganjuk berjanji akan segera menyiapkan upaya menyambut pemberlakukan pembelajaran tatap muka yang rencananya dibuka mulai Januari Tahun 2021 mendatang.

 

Dalam rangkaian pelantikan yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nganjuk ini juga dihelat seminar nasional "Menuju Konsep Pendidikan Ideal Untuk Kemajuan Nganjuk". Seminar ini sekaligus dalam rangka memperingati hari Guru Nasional.

 

Sekda Kabupaten Nganjuk, Mohamad Yasin saat menyampaikan sambutan mengatakan, pembentukan karakter bangsa erat kaitannya dengan penerapan pola disiplin. Sehingga Pergunu Nganjuk harus bisa memberikan keteladanan dalam konteks kedisiplinan.

 

Supaya anak didik di Kabupaten Nganjuk bisa memiliki karakter yang baik. "Menjadikan anak yang cerdas intelektual, emosional, spiritual, dan skill. Itu penting menjadi bagian ikhtiar Pergunu,” kata Yasin.

 

Ia juga memaparakn rencana strategis nasional di Kabupaten Nganjuk yang mengarah kepada konsep industri. Rencana ini harus dipahami serta dikaji oleh Pergunu guna mengambil peran. “Pergunu harus berfikir, strategi dakwah pergunu nanti bagaimana kalau budaya petani berubah menjadi budaya industri. Yang ini perlu menjadi pemikiran Pergunu. Nanti bentuk pendidikan seperti apa yang bisa menampung mereka, perlu dirumuskan oleh Pergunu," ujar Yasin.

 

Menanggapi hal itu, Aziz Kabul, Ketua PC Pergunu Nganjuk menyatakan, pihaknya akan segera menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menjawab kebutuhan Nganjuk yang akan mengarah ke kota insdutsri tersebut.

 

Selain itu, ia juga memaparkan langkah-langkah yang sudah dilakukan Pergunu selama menghadapi Pandemi Covid-19. Selama ini Pergunu sudah mengawal kendala belajar dengan mengupayakan kebutuhan kuota internet untuk siswa dan guru. Sebab, kebutuhan kuota internet itu menjadi masalah dalam metode belajar daring di Kabupaten Nganjuk.

 

Menurut Aziz Kabul, saat ini hikmah yang didapat dari Pandemi Covid-19 diantaranya banyak guru yang bisa semakin cerdas menggunakan teknologi informasi. "Untuk kendala tentunya adalah SDM yang tua-tua. Mereka sudah malas belajar. Sehingga pembelajaran hanya dilakukan sebatas memberikan tugas dengan selembar kertas, terus disampaikan lewat WhatsApp. Itu sudah tidak efektif," ujarnya.

 

Sementara menjelang pemberlakuan pembelajaran tatap muka pada Bulan Januari 2021 mendatang, Aziz menyatakan pihaknya akan segera memberikan pembekalan kepada para guru.

 

Menurutnya, saat mulai masuk sekolah nantinya harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Sehingga, sekolah harus menyiapkan kelengkapan protokol kesehatan disekolahkan dan sistem masuknya.

 

"Waktu pembelajaran yang sedikit itu bisa efektif dan kita juga himbau guru-guru harus taat peraturan kedisiplinan terkait protokol kesehatan. Kemudian, saat menjelang masuknya sekolah juga akan melibatkan persetujuan dengan orang tua. Karena sistem pembelajaran dalam kelas tidak akan lama," ungkapnya.

 

Aziz juga menuturkan, pihaknya sedang menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk membantu para guru mengakses beasiswa S-2 dan S-3. "Saat ini kita sedang kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Berkaitan dengan program beasiswa S2 - S3 dalam rangka mempersiapkan kualitas SDM guru di Nganjuk nantinya," pungkasnya.

 


 

Pelantikan  yang menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri KH Bisri Hisyam Ketua Tanfidziyah PCNU Nganjuk, Mohamad Yasin Sekda Nganjuk, Taufiqurrohman Kepala Kemenag Nganjuk, Munawir Perwakilan Dispendik Nganjuk, H Sururi PW Pergunu Jawa Timur, Pergunu se Matraman, PC PMII Nganjuk, PC IPNU-IPPNU Nganjuk dan anggota PAC Pergunu se Kabupaten Nganjuk.

Iklan Hari Pahlawan