• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Metropolis

Direktur RSI Siti Hajar Sidoarjo Ajak Bersama Lawan Covid-19

Direktur RSI Siti Hajar Sidoarjo Ajak Bersama Lawan Covid-19
NU Care-LAZISNU Jatim saat menyerahkan bantuan APD ke RSI Siti Hajar Sidoarjo. (Foto: NOJ/Rof M)
NU Care-LAZISNU Jatim saat menyerahkan bantuan APD ke RSI Siti Hajar Sidoarjo. (Foto: NOJ/Rof M)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Untuk dapat mengendalikan berkembangnya virus Corona, salah satu yang harus dilakukan adalah dengan bergantengan tangan. Berbagai kalangan hendaknya saling bersinergi demi memastikan bahwa Covid-19 tertangani dengan baik.

 

Ajakan ini disampaikan dokter Hidayatullah selaku Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar, Sidoarjo usai menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Satuan Tugas Tanggap Covid-19 NU Jawa Timur.

 

“Dengan adanya kepedulian semua pihak, membuat para dokter percaya diri dalam menangani pasien Covid-19. Itu artinya kita bersama-sama melawan Covid-19,” kata dokter Dayat, sapaan akrabnya, Kamis (23/7). 

 

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, KH Marzuki Mustamar. Nantinya, APD diserahkan kepada 20 rumah sakit yang yang telah ditunjuk Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Jatim. 

 

“Bantuan APD dibentuk menjadi empat tim keberangkatan untuk memberikan pelayanan kepada dokter dan puluhan rumah sakit di Jawa Timur,” kata A Afif Amrullah. 

 

Ketua PW NU Care-LAZISNU Jatim tersebut menjelaskan bahwa empat tim bergerak ke beberapa rumah sakit yang telah ditentukan. Di antaranya adalah menuju RSI Mabarot Bungah Gresik, RSI Nasrul Umah Lamongan, RSNU Tuban, RSNU Bojonegoro. 

 

Sedangkan tim dua menuju RSI A Yani, RSI Jemursari Surabaya, RSI Darus Syifa’ Surabaya. Tim tiga menuju RS Sakinah Medika, RSI Mojokerto, RS Unipdu Medika Jombang, RSNU Jombang, RSU Lirboyo, RS Syuhada Haji Blitar dan RSI Tulungagung. Sedangkan tim empat ke RSNU Bangil dan RSNU Banyuwangi.

 

“Bantuan yang kami distribusikan untuk rumah sakit ini hasil dari donasi Konjen RRT Surabaya, dari Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU dan dari Tokopedia Salam,” jelas dosen Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya tersebut.

 

Selain itu, Afif mengatakan pendistribusian APD sekalian mengajak pihak rumah sakit yang berada di bawah Arsinu atau Asosisasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama untuk pengelolaan dana zakat, infaq, sedekah dan dana sosial lainnya melalui LAZISNU Jatim.

 

Bantuan yang diberikan berupa baju hazmat, masker medis, masker N95, kacamata pelindung, face shield, sarung tangan, shoes cover dan sepatu boots. 

 

Kontributor: Rof Maulana
 


Editor:

Metropolis Terbaru