• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Keislaman

Doa agar Selalu Dimudahkan dalam Berbuat Kebaikan

Doa agar Selalu Dimudahkan dalam Berbuat Kebaikan
Pemuda bertato bila dimudahkan, juga gemar ngaji. (Foto: NOJ/APm)
Pemuda bertato bila dimudahkan, juga gemar ngaji. (Foto: NOJ/APm)

Hati selalu mengalami perkembangan. Suatu saat memiliki kegandrungan untuk berbuat kebaikan, namun dalam waktu yang tidak lama ternyata berubah. Karenanya kita memohon agar selalu diberikan kecenderungan untuk berbuat baik.

 

Ada kalanya kita merasa berat hati untuk shalat, puasa, sedekah, atau ibadah lain. Keberatan itu didasarkan pada segudang alasan. Yang jelas, keberatan untuk ibadah itu terjadi karena situasi batin yang memang tidak memiliki kecenderungan untuk ibadah.

 

Berikut ini merupakan salah satu doa yang dapat dibaca untuk melunakkan hati agar diringankan dan dimudahkan untuk berbuat baik.

 

 اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

 

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

 

Artinya: Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya. (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 49). 

 

Lafal doa ini dapat dibaca pada setiap selesai shalat lima waktu. “Ini doa merendahkan hati berbuat ibadah, dibaca tiap-tiap lepas shalat lima waktu.” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 49).

 

Doa ini juga dapat dibaca oleh orang tua untuk anaknya dan juga sebaliknya. Dengan harapan, seluruh keluarga, khususnya diri sendiri senantiasa gandrung berbuat baik. Wallahu ‘alam.


Editor:

Keislaman Terbaru