• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Malang Raya

Doa Ahli Al-Qur’an Jatim untuk Korban Gempa Malang

Doa Ahli Al-Qur’an Jatim untuk Korban Gempa Malang
Doa bersama untuk korban gempa digelar di arena MTQ XIV Kapolda Cup di Malang. (Foto: NOJ/N)
Doa bersama untuk korban gempa digelar di arena MTQ XIV Kapolda Cup di Malang. (Foto: NOJ/N)

Malang, NU Online Jatim

Gempabumi di Kabupaten Malang dengan kekuatan 6,1 SR, Sabtu (10/04/2021), menyita perhatian Pengurus Wilayah Jamiyyatul Qurra’ wal Hufadh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Jawa Timur, yang kini menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XIV lanjutan Kapolda Cup Jatim di Ponpes Asy-Syadili, Pakis, Kabupaten Malang. Sebelum MTQ hari ke-2 dibuka, pihak panitia mengajak semua peserta maupun warga Nahdliyin untuk berdoa bersama.

 

Ketua Panitia MTQ lanjutan XIV Kapolda Cup Jatim, H Musyafa’ Ali mengatakan, doa bersama ini sebagai bentuk kepedulian dari para ahli Al-Qur'an atau para tahfidh atas keselamatan bangsa dan negara. Ia juga berharap, melalui doa bersama ini bisa menghentikan bencana alam lanjutan di Kabupaten Malang pada khususnya, dan Jawa Timur pada umumnya.

 

“Pada hari pertama MTQ, Sabtu (10//2021) siang, di sini (Pakis) sangat terasa getaran gempanya. Semua panitia, peserta, dan para santri di Ponpes Asy-Syadili sempat berhamburan keluar,” kata Musyafa’, Minggu (11/04/2021).

 

Getaran gempa susulan, lanjut Musyafa’, juga dirasakan pada pagi hari tadi. Namun, kekuatannya tidak seperti Sabtu kemarin. “Dari sini, kita meminta kepada semua panitia, dan peserta untuk menggelar doa bersama sebelum MTQ dan MHQ dilaksanakan di hari kedua ini,” tambahnya.

 

Ia berharap, dengan doa bersama ini sudah tidak ada lagi gempa susulan yang terjadi di Kabupaten Malang, ataupun di Jawa Timur. Pasalnya, gempa yang terjadi pada Sabtu kemarin, telah banyak menelan korban jiwa. Dari data yang ada, sudah ada 8 orang korban meninggal. Rinciannya, 5 di Kabupaten Lumajang, dan 3 orang di Kabupaten Malang.

 

Gempa yang terjadi di Kabupaten Malang kemarin juga menyebabkan banyak bangunan yang rusak. Hal ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Malang, maupun Lumajang, dampak gempa juga dirasakan hingga di Kabupaten Sleman Yogyakarta. “Beberapa teman di beberapa kabupaten di Jawa Timur menyampaikan ke saya, jika gempa juga dirasakan di daerahnya. Banyak juga teman yang menanyakan kondisi kita di Malang,” ujar Musyafa’.

 

Sementara, dari pantuan di lokasi acara MTQ dan MHQ XIV lanjutan Kapolda Cup Jatim, pelaksanaan tetap berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti. Para peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur juga terlihat hadir di lokasi acara.

 

“Alhamdulillah, semua peserta dari daerah-daerah hadir semua. Memang ada beberapa kafilah yang tidak hadir. Tapi ketidakhadiran mereka tidak ada hubungannya dengan gempa yang terjadi,” ungkap Musyafa’.

 

Seperti diketahui, pelaksanaan MTQ dan MHQ XIV lanjutan Kapolda Cup Jatim kategori remaja dan anak-anak serta Lomba Mars JQHNU dan Sholawat, digelar di Ponpes Asy-Syadili, Pakis, Kabupaten Malang, selama dua hari, mulai Sabtu-Minggu (10-11/4/2021), dan diikuti 174 peserta dari perwakilan PC JQHNU se-Jatim.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru