Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Doa Naik Kendaraan Berdasar Ayat Al-Qur'an

Doa Naik Kendaraan Berdasar Ayat Al-Qur'an
Perbanyak doa saat di atas kendaraan. (Foto: NOJ/Brilio.net)
Perbanyak doa saat di atas kendaraan. (Foto: NOJ/Brilio.net)

Untuk dapat merampungkan ibadah maupun tugas dalam keseharian, biasanya butuh naik kendaraan. Entah kendaraan pribadi maupun angkutan massal. Sangat disarankan membaca doa agar diberikan perlindungan.

 

Karena saat berkendara, ada saja gangguan yang melingkupi. Terkadang kita sudah hati-hari kala di kendaraan, namun gangguan justru datang dari kendaraan atau pihak lain. 

 

Kecelakaan kendaraan, kehilangan barang, kondisi fisik yang kurang mendukung selama berkendara di antara kejadian yang cukup mengganggu. Karenanya, membaca doa demikian sangat disarankan agar saat berangkat hingga pulang dalam keadaan baik. Juga berharap segala urusan lancar.

 

Di antara doa yang dapat dibaca saat hendak dan kala di atas kendaraan adalah seperti berikut ini:

 

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ
 

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

 

Artinya: Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.

 

Atau juga dapat memperbanyak doa ini:


بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ
 

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim


Artinya: Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

Menurut sebagian kalangan, doa terakhir disarankan dibaca saat naik kapal. Hal tersebut sebagaimana dilakukan Nabi Nuh pada saat mengendarai kapal dan diabadikan Surat Al-Huud ayat 41.


وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

 

Artinya: Dan Nuh berkata: Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Hud: 41)

 

Karena bagaimana pun juga, kita tidak memiliki kuasa atas diri sendiri. Termasuk kala di atas kendaraan. Karena itu, meminta perlindungan kepada Allah SWT dengan membaca sejumlah doa di atas sebagai perwujudan kelemahan manusia. 


Editor:
F1 PWNU Jatim