Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Doa saat Memasuki Bulan Rajab

Doa saat Memasuki Bulan Rajab
Amalkan doa khusus saat memasuki bulan Rajab. (Foto: NOJ)
Amalkan doa khusus saat memasuki bulan Rajab. (Foto: NOJ)

Dalam hitungan hari, kita akan memasuki bulan Rajab. Di sejumlah kalender tahun hijriyah, bulan istimewa ini akan hadir pada Jumat (12/02/2021) petang. Karenanya, kaum muslimin hendaknya menyiapkan diri agar bisa menyambut salah satu bulan haram tersebut dengan persiapan istimewa.

 

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram, artinya bulan yang dimuliakan. Dalam Islam, terdapat empat  bulan haram, yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. 

 

 

Rasulullah mencontohkan, saat memasuki bulan Rajab membaca doa berikut:

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

 

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

 

Artinya: Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

 

 

Selain berdzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa sebanyak-banyaknya, sebagaimana juga pada bulan haram lain. Sebutan sebagai bulan haram merujuk sejarah dilarangnya umat Islam mengadakan peperangan pada bulan-bulan itu. Wallâhu a'lam.

Bank Jatim (31/7)