Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Doa Singkat usai Shalat Memohon Ampunan

Doa Singkat usai Shalat Memohon Ampunan
Istighfar dan berdoa sangat disarankan usai shalat maktubah. (Foto: NOJ/Lip)
Istighfar dan berdoa sangat disarankan usai shalat maktubah. (Foto: NOJ/Lip)

Umat Islam diperintahkan untuk selalu berupaya menghindari dari melakukan perbuatan jelek alias dosa. Namun demikian, sangat sulit melepaskan diri dari hal tersebut. Karenanya, solusi yang ditawarkan adalah membaca istighfar atau meminta ampun kepada Allah SWT.

 

Demikian pula yang harus dilakukan adalah berdoa dalam setiap saat, khususnya usai melaksanakan shalat maktubah. Hal tersebut demi memastikan agar kesalahan, dosa dan alfa dapat diampuni oleh Allah SWT.

 

Lafal doa berikut ini mengandung permohonan ampunan kepada Allah di akhirat atas segala dosa kita. Doa ini dapat dibaca setiap kali selesai shalat lima waktu. Doa pendek ini dapat disertakan dengan doa lain yang sudah lazim dibaca setelah shalat lima waktu.

 

Artikel diambil dariDoa Ampunan Dosa usai Shalat Lima Waktu

 

“Ini doa dibaca apabila lepas shalat supaya mendapat ampunan dari Allah Ta’ala daripada segala dosanya di negeri akhirat,” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 51).

 

 اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةِ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

 

Allāhumma innī as’alukal ‘afwa wal ‘āfiyah fid dīni wad duniyā wal ākhirah. Walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

 

Artinya: Ya Allah, sungguh, aku memohon kepada-Mu maaf dan kekuatan pada agama, dunia, dan akhirat. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 51-52).

 

Semoga Allah memberikan ampunan kepada kita semua dan membebaskan kita dari siksa api neraka. Amīn. Wallahu a‘lam.

PWNU Jatim Harlah