• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Keislaman

Doa yang Dibaca Rasullah saat Tahun Baru

Doa yang Dibaca Rasullah saat Tahun Baru
Perbanyak doa dan amalan kebaikan di tahun baru Islam. (Foto: NOJ/LKo)
Perbanyak doa dan amalan kebaikan di tahun baru Islam. (Foto: NOJ/LKo)

Umat Islam memiliki tahun baru yang diperingati setiap 1 Muharram. Untuk tahun 2021 ini, bertepatan dengan Selasa (10/08/2021). Dengan demikian tahun yang akan berjalan adalah 1443 Hijriyah.

 

Pergantian tahun identik dengan harapan baru. Di sinilah doa berperan penting dalam mengarahkan harapan kepada Allah SWT. Ada baiknya umat Islam mengajukan permohonan kepada-Nya seperti doa Rasulullah SAW di awal tahun baru. 

 

Berikut ini doa Rasulullah SAW di awal tahun seperti disebutkan Sayid Utsman bin Yahya dalam kitab Maslakul Akhyar.


 اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ   

 

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm. 

 

Artikel diambil dari: Ini Doa Rasulullah SAW di Awal Tahun

 

Artinya: Tuhanku, Kau Yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. 

 

Doa awal tahun ini dibaca sebanyak tiga kali. Baiknya doa ini dibaca di malam satu muharram. Tentunya dengan pengharapan Allah meringankan langkah ke depan menuju kebaikan dunia dan akhirat. 

 

Yang juga hendaknya dicatat, baiknya iringi doa ini dengan amalan lain seperti puasa, khataman, semaan Al-Qur’an, sedekah, atau aksi positif lainnya. Apalagi saat ini masih berada dalam suasana pandemi Covid-19 dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4.


Editor:

Keislaman Terbaru