Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dongeng Ramadlan Muslimat NU Kabupaten Malang di Harlah ke-75

Dongeng Ramadlan Muslimat NU Kabupaten Malang di Harlah ke-75
Acara harlah ke-75 Muslimat NU di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/MMR)
Acara harlah ke-75 Muslimat NU di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/MMR)

Malang, NU Online Jatim

Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) memasuki usia ke-75 pada Senin kemarin (29/03/2021). Seluruh pimpinan cabang (PC) di Jawa Timur pun merayakannya. Di Kabupaten Malang, organisasi ibu-ibunya NU itu merayakan hari lahir (harlah) Muslimat di kantornya dengan berbagai acara, di antaranya dongeng bertema Ramadlan.

 

Kegiatan itu dihadiri 108 kader Muslimat NU Kabupaten Malang dan 99 kader PAC Muslimat. Hadir pula, di antaranya, pengurus dari PCNU Kabupaten Malang, PC Fatayat NU, PC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan PC Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU0IPPNU) Kabupaten Malang, dan lainnya.

 

"Terima kasih, di usia 75 tahun ini kalau kita menilai luar biasa perkembangannya kaitannya dengan kekompakan, keguyuban, komitmen, serta pedulinya Muslimat untuk membina majelis taklim. Secara struktural maupun kultural kami rasa sudah tertata dengan rapi," kata Ketua Muslimat NU Kabupaten Malang, Ny Hj Chofidah.

 

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam memperingati harlah Muslimat NU itu. Yakni santunan untuk anak yatim, seremonial harlah, lomba cerita atau dongeng bertema Ramadlan yang dilaksanakan pada 8-10 April 2021, dan khataman Al-Qur’an bersama hafidzah.

 

“Perlu diketahui, Muslimat mempunyai 340 hafidzah se Kabupaten Malang. Tetapi nanti kami tidak undang semuanya karena masih dalam situasi pandemi," uncap Nyai Chofidah.

 

Di bulan Ramadlan nanti, Muslimat NU bersama Lembaga Penangulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Kabupaten Malang berencana untuk mengadakan pelatihan tanggap darurat bencana.

 

"Kami berharap kedepan muslimat baik di tataran cabang bahkan sampai ranting di Kabupaten Malang lebih mendalami serta belajar akan Informasi Teknologi (IT) dan meningkatkan usaha perekonomian dengan sistem administrasi yang lebih baik lagi,” ujar anggota Fraksi PKB DPRD Jatim itu.

 

Ketua PCNU Kabupaten Malang Kiai Umar Usman berpesan agar Muslimat NU setempat ke depan semakin solid. Menurutnya, selama ini Muslimat dikenal sebagai organisasi sayap yang paling solid di NU.

 

"Muslimat sebagai kekuatan paling solid di Nahdlatul Ulama. Oleh karena itu kita tetap berharap seiring sejalan dengan induknya dan semoga semakin semarak di kemudian hari," Ucap Kiai Umar.

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan