Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dongkrak Ekonomi Negara dari Desa, ISNU Banyuwangi Gelar Tadarus Ilmiah

Dongkrak Ekonomi Negara dari Desa, ISNU Banyuwangi Gelar Tadarus Ilmiah
Tadarus Ilmiah ISNU Banyuwangi. (Foto: NOJ/Vina)
Tadarus Ilmiah ISNU Banyuwangi. (Foto: NOJ/Vina)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Banyuwangi menggelar kegiatan tadarus ilmiah dengan keliling di beberapa titik kecamatan. Senin (19/04/2021) kegiatan ini diawali di Kecamatan Bangorejo bertepat di kediaman salah satu pengurus ISNU Banyuwangi.

 

Nur Anim Jauhariyah saat memaparkan materi menjelaskan, secara khusus diskusi sore itu membahas strategi mendongkrak pemulihan ekonomi negara melalui desa. Sebab desa mampu memberikan sokongan kuat dengan segala potensi yang dimilikinya.

 

"Maka kita awali dengan meriset potensi desanya. Baik dari segi potensi sektor perekonomian, sumber daya alam, dan manusianya," kata Dosen Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Blok Agung, Banyuwangi.

 

Dia memandang insan riset yang asli dari putra desa setempat akan memiliki hasil peta potensi yang lebih kuat, dari pada periset yang didatangkan dari luar daerah. "Ini semakin penting, karena hasil riset yang tepat dapat memberikan rekomendasi jalan keluar dari berbagai persoalan di tengah pandemi," ungkap Anim menutup keterangannya.

 

Senada hal itu, Ketua PC ISNU Bnayuwangi Abdul Aziz menegaskan, peranan organisasi tidak bisa lepas dari poin saling kolaborasi dan membangun sinergi dengan stakeholder terkait.

 

"Maka saya menyambut baik atas kreativitas sahabat-sahabat yang terus bersinergi di semua kegiatan dan program kerja masing-masing bidang. Tidak akan pernah berhasil program dijalankan secara mandiri, jika meninggalkan kolaborasi, walaupun gagasannya cemerlang," jelas Aziz di hadapan anggotanya.

 

Menurutnya, potret kaderisasi di ISNU pun dengan mewadahi sarjana-sarjana NU yang belum terangkul sama sekali. "Kita semua adalah saudara. Terbuka secara lebar sarjana-sarjana NU untuk melebur dan berjuang di NU melalui ISNU bersama-sama," ujarnya.

 

Erina Nur Aini yang juga hadir dalam pertemuan yang dirangkai dengan buka bersama itu menjelaskan, bekal ilmu riset menjadi pondasi utama kegiatan ISNU ke depan dan selamanya.

 

"Apalagi khususnya eksistensi ISNU di Kecamatan Banyuwangi yang notabenenya di tengah jantung kota. Saya berharap pengurus-pengurus ISNU di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) terus mendapatkan pendampingan intens dari cabang," harap Erin.

 

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim