Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dorong Kreativitas, Pramuka Ma’arif NU Blitar Gelar Kompetisi

Dorong Kreativitas, Pramuka Ma’arif NU Blitar Gelar Kompetisi
Gerakan Pramuka LP Ma'arif NU Kabupaten Blitar mengadakan kompetisi pionering. (Foto: NOJ/INF)
Gerakan Pramuka LP Ma'arif NU Kabupaten Blitar mengadakan kompetisi pionering. (Foto: NOJ/INF)

Blitar, NU Online Jatim

Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar menggelar kompetisi pionering tingkat penegak yang diikuti oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) sederajat di Gedung Graha NU, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Sabtu (10/04/2021).

 

Pionering adalah salah satu teknik Pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, seperti bangunan kreatif, tandu, menara kaki tiga, menara kaki empat, dan alat-alat lain nya.

 

"Kegiatan itu dilaksanakan untuk membangkitkan kreativitas dan minat bakat siswa serta menjalin ukhuwah antarlembaga LP Ma'arif se-Kabupaten Blitar," kata Sekretaris LP Ma'arif NU Kabupaten Blitar Muhamad Sholihin kepada NU Online Jatim, Ahad (11/04/2021).

 

Sholihin menjelaskan, Sako Pramuka Ma'arif merupakan wadah untuk membangkitkan kreativitas siswa-siswi LP Ma'arif melalui bidang kepramukaan. Pada tahun sebelumnya, kegiatan kompetisi sebenarnya tidak hanya kreasi pionering. Namun karena masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan ini dikhususkan dalam satu cabang saja, yaitu kreasi pionering.

 

"Kegiatan ini kami khususkan satu cabang kompetisi yaitu kreasi pionering dengan harapan untuk mempersingkat waktu dan menghindari kerumunan agar tidak terjadi penyebaran Covid-19," ujar Sholihin.

 

Sholihin berharap kegiatan ini juga membangkitkan para pembina di Saka Kerja Gugus depan yang selama setahun lebih kegiatan kreativitas serta minat bakat siswa-siswi LP Ma'arif tidak bisa tersalurkan.

 

"Harapannya dengan adanya kompetisi ini mampu membangkitkan kembali, bahwasannya sudah saatnya siswa-siswa LP Ma'arif menyalurkan kreativitas serta minat-bakatnya dalam kompetisi pionering ini," kata Sholihin.

 

Editor: Nur Faishal

Iklan promosi NU Online Jatim