Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dosen Unusa Beberkan Enam Tips Menjaga Kesehatan saat Pancaroba

Dosen Unusa Beberkan Enam Tips Menjaga Kesehatan saat Pancaroba
Mursidul Ibad, Dosen Unusa. (Foto: NOJ/humas)
Mursidul Ibad, Dosen Unusa. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat orang mudah sakit. Bagaimana cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar? Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Mursyidul Ibad memberikan tips agar kita bisa menjaga kesehatan tubuh saat musim pancaroba.

 

Ibad memiliki enam cara menjaga kesehatan tubuh di tengah pancaroba. Pertama, tetap menggunakan masker dobel hingga menerapakan protokol kesehatan ketat. 

 

“Karena di tengah pandemi Covid-19, jadi protokol kesehatan ini tetap dilakukan," ungkapnya, Selasa (20/07/2021).

 

Langkah kedua, mengkonsumsi makanan bergizi untuk memenuhi asupan gizi minimal yang dibutuhkan tubuh. 

 

“Mengkonsumsi makanan bergizi harapannya adalah dapat menjaga imun tubuh agar lebih kuat," terang Ibad.

 

Ketiga, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga ringan minimal 30 menit sehari. 

 

"Senam bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke luar, sehingga kondisi tubuh bisa lebih terjaga kesehatannya," beber Ibad.

 

Keempat, membersihkan lingkubgan sekitar, agar tidak ada genangan air yang bisa dijadikan sarang nyamuk demam berdarah. Selain itu membersihkan yang sering dipegang dengan disinfektan. 

 

“Dengan lingkungan bersih bisa terhindar dari beberapa penyakit lainnya," jelas Ibad.

 

Langkah kelima, hindari melihat atau membaca informasi yang bisa menyebabkan mental menjadi stress atau depresi, lebih baik perbanyak untuk menonton hiburan agar imun juga semakin meningkat.

 

Keenam, proteksi diri, jangan lupa asuransikan kesehatan diri kita seperti ikut BPJS Kesehatan atau ikut asuransi swasta lainnya. 

 

“Ini salah satu cara terakhir untuk menjaga kesehatan tubuh kita, sehingga jika mengalami sakit sudah ada yang mengcover kesehatan tubuh kita," terang Ibad.

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9