• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Parlemen

DPRD Jatim Ajak Masyarakat Manfaatkan Potensi Lokal untuk Bangkit

DPRD Jatim Ajak Masyarakat Manfaatkan Potensi Lokal untuk Bangkit
Anggota F-PKB DPRD Jatim Ubaidillah saat melaksanakan serap aspirasi di Kabupaten Bondowoso. (Foto: NOJ/A Toriq A)
Anggota F-PKB DPRD Jatim Ubaidillah saat melaksanakan serap aspirasi di Kabupaten Bondowoso. (Foto: NOJ/A Toriq A)

Bondowoso, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat sektor ekonomi masyarakat terpuruk. Saat ini, seiring mulai meredanya pandemi, masyarakat mulai bangkit. Untuk mendorong itu, diperlukan stimulus agar kebangkitan masyarakat di bidang ekonomi kian cepat.

 

Anggota DPRD Jawa Timur  Ubaidillah mengatakan, saat ini stimulus untuk pemberdayaan masyarakat sangat dibutuhkan. Potensi produk lokal pun harus didorong agar akselerasi pemulihan ekonomi dapat terjadi.

 

"Memang perekonomian sempat anjlok. Namun, bukan tidak mungkin jika potensi masyarakat Bondowoso didorong, pemberdayaan masyarakat dilakukan, ekonomi akan cepat membaik," kata Ubaidillah saat melakukan serap aspirasi di Kabupaten Bondowoso, Selasa (2/10).

 

Anggota Fraksi PKB Jatim itu menuturkan, saat ini yang paling penting adalah bagaimana masyarakat bisa kembali produktif. Pemanfaatan produk lokal harus terus didukung. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus disokong, sehingga roda perekonomian terus berputar lancar dan efeknya menaikkan daya beli masyarakat.

 

"Seperti di Bondowoso ini terkenal dengan tapenya. Apalagi sekarang tape disulap menjadi tape krispi. Artinya inovasi seperti itu harus terus ditingkatkan," ujarnya.

 

Ketua Garda Bangsa Jatim itu menambahkan, potensi desa wisata yang ada di Bondowoso juga menggiurkan bagi bangkitnya ekonomi masyarakat. Pemanfaatan berbagai tempat-tempat strategis untuk dijadikan wisata jangan sampai terlewatkan.

 

"Ini memang membutuhkan kekompakan dari seluruh masyarakat. Tapi jikalau ini sukses manfaatnya sangat luar biasa. Masyarakat dapat langsung menjajakan produk lokalnya ke wisatawan yang datang," kata dewan dari daerah pilihan Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi itu.

 

Dengan prinsip jiwa sosial, mandiri, kebersamaan, dan partisipatif yang kuat, Ubaid yakin akan berdampak besar bagi percepatan pemulihan ekonomi di akar rumput. "Masyarakat berusaha menggali potensi desa, kami yang ada di parlemen juga berusaha agar pemerintah mendukung dengan penyediaan fasilitas yang memadai," katanya.


Parlemen Terbaru