Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

DPRD Jatim Desak Gubernur Seriusi Potensi Desa demi Sejahterakan Rakyat

DPRD Jatim Desak Gubernur Seriusi Potensi Desa demi Sejahterakan Rakyat
Aliyadi Mustofa, Ketua Komisi B DPRD Jatim. (Foto: NOJ/Jn)
Aliyadi Mustofa, Ketua Komisi B DPRD Jatim. (Foto: NOJ/Jn)

Surabaya, NU Online Jatim

Setiap desa di Provinsi Jawa Timur memiliki potensi yang sangat beragam. Bila dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin mampu meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

 

Karenanya, yang mendesak dilakukan adalah perhatian baik berupa regulasi dan anggaran demi memastikan peningkatan ekonomi masyarakat.

 

Penegasan ini disampaikan Aliyadi Mustofa atas nama Desa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur. “Oleh sebab itu, pemerintah agar dapat menggali potensi desa dengan baik guna meningkatkan taraf hidup warga,” katanya, Sabtu (7/11/2020).

 

Aliyadi yang juga Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur itu mengatakan, setiap desa memiliki potensi berbeda, ekonomi masyarakat dapat berkembang dengan mengelola potensi di desa desa. Salah satunya menjadikan desa sebagai wahana rekreasi atau wisata desa.

 

Politikus asal fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan, saat ini telah banyak pemerintah desa yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya dengan mengelola desanya menjadi desa wisata.

 

“Tentu, fakta itu harus menjadi semangat pemerintah dalam hal ini Gubernur Jawa Timur untuk aktif menggali potensi setiap desa,” ungkapnya.

 

Potensi desa itu tidak harus tentang kekayaan alamnya, melainkan bisa dikembangkan dari sektor budaya, kuliner dan potensi lainnya. Dengan demikian, setiap desa akan memiliki keunggulan berbeda dalam upaya menekan angka pengangguran.

 

"Kami berkeinginan bagaimana potensi desa ini bisa dikelola dengan baik. Salah satunya, dengan pembentukan desa wisata. Sudah banyak desa-desa yang lebih sejahtera setelah berhasil mengelola potensi yang ada,” ujarnya saat dihubungi media ini.

 

Aliyadi yang juga menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur sebagai langkah nyata pembelaan legislatif terhadap rakyat di tengah lesunya ekonomi akibat pandemi Covid-19.

 

“Peningkatan ekonomi kita mulai dari desa-desa. Semua potensi yang ada bisa dikembangkan secara maksimal sehingga pada muaranya, juga akan mendukung peningkatan pembangunan,” jelasnya.

 

Pihaknya juga, meminta pemerintah harus memiliki komitmen kuat memulihkan serta meningkatkan ekonomi masyarakat. Langkah yang paling efektif adalah menggerakkan ekonomi di tingkat desa dengan menggali potensi yang ada.

 

“Semoga desa wisata ini segera terwujud sehingga perekonomian masyarakat semakin membaik,” pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah

F1 Promosi Iklan