Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

DPW Barikade Gus Dur Jawa Timur Gelar Haul ke-11

DPW Barikade Gus Dur Jawa Timur Gelar Haul ke-11
Peringatan Haul Gus Dur ke-11. (Foto: NOJ/Yuli)
Peringatan Haul Gus Dur ke-11. (Foto: NOJ/Yuli)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Setiap memasuki bulan Desember ingatan publik nyaris selalu tertuju pada peringatan wafatnya tokoh bangsa panutan lintas generasi dan agama, almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Gus Dur wafat pada tanggal 30 Desember 2009 berdasarkan penanggalan masehi dan dimakamkan di Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

Gus Dur merupakan salah satu tokoh bangsa yang telah dikenal banyak memberikan inspirasi. Sejak awal Desember hingga menjelang pergantian tahun, berbagai kalangan mengadakan acara haul atau peringatan wafatnya Presiden keempat Republik Indonesia (RI) tersebut.

 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Barikade Gus Dur (BGD) Jawa Timur yang menggelar haul ke-11 Gus Dur. Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini dikemas bersamaan dengan tasyakuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai. Tema yang diusung dalam peringatan haul Gus Dur kali ini adalah ‘Menjaga Toleransi dan Kerukunan Umat Beragama Serta Menjunjung Tinggi Kebhinekaan di Republik Indonesia’.

 

Acara dipusatkan di Masjid Raudhatul Abidin, Desa Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Sabtu (26/12/2020) malam. Turut hadir dalam acara tersebut wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak , Pejabat (Pj) Bupati Sidoarjo Hudiyono, Rais Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo KH Rofiq Sirodj, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat(DPP) Barikade Gus Dur, Sudarsono Rahman, serta Gus Durian Sidoarjo dan Surabaya.

 

Sudarsono Rahman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk mengenang sosok Gus Dur sebagai bapak toleransi umat beragama.

 

“Kami berharap agar masyarakat selalu menjunjung tinggi kebhinekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para hadirin serta memohon maaf atas kekurangan yang ada.

 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang hadir dan mohon maaf apabila dalam menyelenggarakan peringatan haul Gus Dur ke-11 ini kurang maksimal,” tambahnya.

 

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak menuturkan, dirinya sangat mengagungi sosok Gus Dur dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama.

 

“Saya sangat mengagumi sosok Gus Dur dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama serta menjunjung tinggi kebhinekaan di  Indonesia,” tuturnya.

 

Pj Bupati Sidoarjo, Hudiyono dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang telah membantu mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara aman dan tertib.

 

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Sidoarjo yang sukses menyelenggarakan gelaran Pilkada serta Pilkades secara aman dan tertib dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

 

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim