Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Dr Athiroh Temukan Khasiat Teh Daun Benalu yang Dapat Tingkatkan Imun

Dr Athiroh Temukan Khasiat Teh Daun Benalu yang Dapat Tingkatkan Imun
Dosen peneliti dan mahasiswa Unisma. (Foto: NOJ/Rofi'i)
Dosen peneliti dan mahasiswa Unisma. (Foto: NOJ/Rofi'i)

Surabaya, NU Online Jatim

Dr. Nour Athiroh Abdoes Sjakoer, S. Si.,M. Kes. dosen peneliti yang juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Malang (Unisma) menemukan khasiat teh daun benalu. Ternyata ada kandungan istimewa dalam teh daun benalu mangga yang ditelitinya, salah satunya ialah dapat meningkatkan daya imunitas tubuh. Hasil penelitian ini mendapat apresiasi tinggi dari Direktur Utama Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma, bahkan kedepan temuan ini akan diresepkan untuk pasien hipertensi. 

 

Hal tersebut disampaikan oleh Nour Athiroh saat Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di ruang pertemuan lantai 7 RSI Unisma pada Sabtu 17/10/2020. FGD ini mengupas hasil penelitian Skim Program Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) yang berjudul Kombinasi Herbal Benalu sebagai Sediaan Produk Fitofarmaka Suatu Kandidat Alternatif Antihipertensi Alami Tradisional Indonesia. Dimana setelah uji in vivo dan in vitro, untuk melihat keamanan produk herbal benalu ini, selanjutnya dilakukan uji toksisitas. Termasuk di dalamnya uji biokimia klinis yang hasilnya sangat bagus.

 

“Rangkaian penelitian ini sepenuhnya mendapat hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat/Riset dan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (DRPM/Ristek BRIN). Penelitian ini memerlukan proses sangat panjang, telah melewati proses uji coba berkali-kali, salah satunya pada hewan coba tikus. Maka saat ini sudah waktunya melakukan hilirisasi penelitian perguruan tinggi produk benalu mangga celup,” ungkap Nour Athiroh.

 

Dalam penelitiannya dosen yang juga Ketua LPPM Unisma ini melibatkan juga Dr. Yudi Purnomo, S. Si., M. Kes., Apt. dan Dr. Nurul Jadid Mubarokati, S. Si., M. Si. dan tujuh mahasiswa Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unisma. Termasuk juga merangkul dua mitra sekaligus, yakni Griya Jamu Siti Ara Batu dan RSI Unisma sebagai mitra pengguna produk yang akan menganjurkan penggunaan produk ini terhadap pasien hipertensinya pada PTUPT 2021 sebagai uji klinis.

 

“Terkait dengan masa pandemi seperti saat ini, kombinasi teh benalu mangga tidak hanya bersifat antihipertensi, namun juga berkhasiat membugarkan. Banyak parameter yang saya teliti, temuan ini ternyata juga berkhasiat meningkatkan daya imun,” ujar Nour Athiroh.

 

Rencananya Maret 2021 nanti, hasil penelitian ini dapat diterapkan pada manusia. Diawali dengan uji kelayakan etik, yang dalam tahap awal akan dibantu para dokter di RSI Unisma dalam menjaring responden dari pasien rumah sakit ini. Nour Athiroh banyak mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ristek/BRIN yang telah mendanai dari hulu sampai hilir.

 

FGD ini sendiri sebagai ajang pemaparan hasil penelitian Nour Athiroh beserta tim, dengan harapan akan mendapat masukan dari para dokter dan mitra produsen, yakni Griya Jamu Siti Ara Batu yang kedepan akan menjadikan temuan ini menjadi resep suplemen bagi pasien hipertensi.

 

Dalam kesempatan yang sama, Dirut RSI Unisma, dr. Tri Wahyu Sarwiyata, M. Kes. mengapresiasi hasil penelitian ini. Hal ini sejalan dengan RSI sendiri yang sedang mengembangkan saintifikasi jamu, bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Obat Tradisional Tawangmangu. Menurutnya, hasil penelitian ini terbukti dapat menambah daya tahan tubuh, yang hal tersebut terindikasi dengan dapat menurunkan berbagai parameter inflamasi.

 

“Saya harapkan benalu teh mangga ini dapat sebagai suplemen penangkal dan menyembuhkan berbagai penyakit,” terang dr. Tri Wahyu.

Bank Jatim (31/7)