• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Dukung Petugas Penggali Kubur, NU Jatim Kirim Bantuan Pangan dan Multivitamin

Dukung Petugas Penggali Kubur, NU Jatim Kirim Bantuan Pangan dan Multivitamin
Pemberian bantuan pangan dan multivitamin bagi penggali kubur. (Foto: NOJ/LAZISNU)
Pemberian bantuan pangan dan multivitamin bagi penggali kubur. (Foto: NOJ/LAZISNU)

Surabaya, NU Online Jatim

Puluhan petugas penggali kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih Surabaya terus berjuang memberikan layanan pemakaman jenazah Covid-19. Siang dan malam mereka terus bekerja, mengingat jumlah kasus kematian akibat Covid-19 belum mengalami penurunan.

 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur memberikan dukungan berupa bantuan pangan dan multivitamin kepada para petugas tersebut. Bantuan diserahkan oleh Tm NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur di lokasi pemakaman pada Senin (12/07/2021) siang. 

 

Munaji, salah seorang petugas lapangan pemakaman TPU Keputih menyatakan, rata-rata per hari pihaknya bertugas memakamkan antara 60 sampai 80 jenazah Covid-19. Dengan sekitar 40 orang petugas, masing-masing dibagi dalam tiga kelompok dengan jam kerja tertentu sehingga bisa beroperasi selama 24 jam.

 

“Dua pekan terakhir jumlahnya luar biasa. Kami ucapkan terima kasih atas kepedulian dan dukungan NU Jawa Timur. Kami juga memohon doa semoga kami diberikan kekuatan dan kesehatan agar bisa menjalankan tugas di masa-masa yang berat ini,” ujar Munaji.

 

Selain itu, ia juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga diri dan keluarga dengan baik. Di antaranya dengan membatasi aktivitas di luar rumah dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan sering cuci tangan.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Jawa Timur, A Afif Amrullah menambahkan, situasi di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini memang mengakibatkan munculnya berbagai kesulitan yang dialami masyarakat. Pemerintah, tenaga kesehatan dan aparat terkait perlu mendapat dukungan dari masyarakat sebagai kekuatan tersebsar bangsa ini. Untuk itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk terus merawat rasa saling peduli kepada sesama.

 

“Kali ini kami lihat para penggali kubur bekerja sangat luar biasa. Untuk itu kami berikan dukungan agar tetap semangat, sehat dan bisa menjalankan tugas dengan baik,” katanya.

 

Ia melanjutkan, NU Care-Lazisnu Jawa Timur juga akan terus melakukan asksi-aksi kemanusiaan untuk membantu warga yang membutuhkan.

 

“Di antaranya kami akan membagikan paket sehat untuk warga yang isolasi mandiri, membentuk tim layanan pemusalaraan jenazah Covid-19, memberikan layanan ambulan dan beasiswa bagi keluarga yang terdampak Covid-19,” pungkas Afif.


Metropolis Terbaru